Jumlah Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Tembus 33 Ribu Orang

Tim penyelamat membawa jenazah korban dari reruntuhan gedung akibat gempa Turki
Sumber :
  • AP Photo/Francisco Seco

VIVA Dunia – Lebih dari 33.000 orang tewas di seluruh Turki dan Suriah sejak gempa dahsyat berkekuatan 7,8 melanda kawasan tersebut pada Senin 13 Februari 2023. Harapan untuk menyelamatkan lebih banyak korban yang selamat menyusut di tengah kondisi beku.

Sadis! Usai Bacok Istri hingga Tewas, Hasan Coba Bunuh Diri dengan Tenggak Racun

Melansir CNN International, melaporkan jumlah korban tewas mencapai 33.181 di kedua negara. Korban tewas di Turki telah meningkat menjadi 29.605, kata Pusat Koordinasi Darurat Turki SAKOM, Minggu.

Di Suriah, jumlah total kematian mencapai 3.576, termasuk 2.168 di daerah yang dikuasai pemberontak di barat laut, menurut kelompok pertahanan sipil "White Helmets", dan 1.408 kematian di bagian Suriah yang dikuasai pemerintah, menurut media pemerintah Suriah mengutip kementerian kesehatan pada Sabtu.

Gempa Vulkanik Gunung Ruang Fluktuatif Cenderung Menurun, Menurut Balai Pemantauan

Gedung-gedung hancur akibat gempa Bumi magnitudo 7,8 di Antakya, selatan Turki.

Photo :
  • AP Photo/Khalil Hamra.

White Helmets, yang mengumumkan berakhirnya operasi pencarian dan penyelamatan mereka pada hari Jumat, mengatakan kepada CNN bahwa jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat jauh lebih tinggi.

Detik-detik Menegangkan Pria Ini Selamat dari Tembok Runtuh Akibat Gempa Garut

Pada hari Minggu, seorang gadis berusia 10 tahun bernama Cudi diselamatkan setelah menghabiskan 147 jam terperangkap di bawah reruntuhan di provinsi Hatay Turki selatan.

Di wilayah yang sama, seorang korban selamat berusia 35 tahun yang diidentifikasi sebagai Mustafa Sar?gül dibebaskan dari reruntuhan gedung apartemen enam lantai setelah 149 jam.

Namun, operasi penyelamatan luar biasa ini telah melambat seiring berlalunya waktu sejak gempa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya