Kim Jong Un Larang Anak Perempuan di Korut Miliki Nama yang Sama dengan Anaknya

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, bersama putrinya Kim Ju Ae, dan istrinya Ri Sol Ju.
Sumber :
  • Korean Central News Agency/Korea News Service via AP.

VIVA Dunia – Otoritas Korea Utara "memaksa” para gadis dan wanita untuk mengubah nama mereka jika mereka memiliki nama "Ju Ae", yaitu nama putri dari Kim Jong Un

Ahli Propaganda Terkenal di Korut Kim Ki Nam Meninggal Dunia

Melalui Radio Free Asia, mengutip dua sumber anonim, mengatakan pemerintah daerah di kota Jeongju dan Pyongsong Korut mengeluarkan perintah bagi para wanita untuk mengubah akta kelahiran mereka.

"Kemarin, Kementerian Keamanan di Kota Jeongju memanggil wanita yang terdaftar di departemen pendaftaran penduduk dengan nama 'Ju Ae' ke Kementerian Keamanan untuk mengubah nama mereka," kata salah satu warga dalam laporan RFA.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Putri Kim Jong Un Kembali Curi Perhatian, Dampingi Sang Ayah di Parade Rudal

Photo :
  • AP

Mereka mengatakan seorang gadis berusia 12 tahun di lingkungan mereka bernama Ju Ae, dan orang tuanya diminta untuk melapor ke Kementerian Keamanan untuk mengubah akta kelahirannya. 

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Pihak berwenang mengatakan nama Ju Ae sekarang dicadangkan untuk orang-orang dengan "martabat tertinggi," tambah sumber yang tidak disebutkan namanya itu.

Kim Ju Ae, yang diyakini berusia 10 tahun, adalah satu-satunya dari tiga anak Kim Jong Un yang terungkap ke publik. Dia membuat debut publiknya ketika dia dan ayahnya menginspeksi peluncuran uji coba rudal balistik antarbenua pada bulan November lalu. 

Gadis itu menjadi sorotan lagi saat ia menghadiri jamuan kenegaraan, mendampingi sang ayah, yang dipublikasikan dan berfoto dengan para jenderal top Korea Utara.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, bersama putrinya Kim Ju Ae, dan istrinya Ri Sol Ju.

Photo :
  • Korean Central News Agency/Korea News Service via AP.

Perhatian yang diberikan pada putri Kim telah menimbulkan spekulasi bahwa dia mungkin dipersiapkan untuk menggantikan ayahnya.

Kim sendiri melarang orang memegang nama "Jong Un", memerintahkan mereka yang memiliki namanya pada tahun 2014 untuk secara legal mengubah akta kelahiran mereka.

"Petunjuk itu "sukarela", tetapi seperti yang kita ketahui, hanya sedikit hal yang bersifat sukarela di Korea Utara, terutama jika menyangkut perintah dari pimpinan," kata Soo Kim, mantan analis CIA dan sekarang menjadi analis kebijakan di think tank yang berbasis di AS, Rand Corporation, kepada Insider.

"Jadi larangan nama terbaru ini bukanlah hal yang luar biasa bagi Korea Utara," katanya. 

Tapi masih terlalu dini untuk mengatakan masa depan putri Kim, dan ini hanya memberitahu kita bahwa dia ingin anaknya terlihat, katanya.

Putri Kim Jong Un kembali tampi di hadapan publik

Photo :
  • Reuters

Rezim itu masih belum mengkonfirmasi bahwa gadis itu telah ditentukan untuk suksesi, dan media pemerintah juga belum memulai pengurapan dan pemuliaan pengganti yang ditunjuk.

Di bawah diktator Korea Utara sebelumnya, ahli waris akan diberi gelar penting. Sebelum Kim mengambil alih kekuasaan pada akhir 2011, dia disamakan dengan jenderal bintang empat dan diberi jabatan kunci partai.

"Anggap saja, bagaimanapun, Kim memilih untuk keluar dari tradisi dan mengukir jalannya sendiri yang unik untuk menunjuk dan mempersiapkan penggantinya. Jelas jauh lebih sulit untuk memprediksi perilaku rezim dalam kasus ini," kata Soo Kim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya