Orang yang Lahir Setelah 2007 Tidak Boleh Beli Rokok di California

Ilustrasi rokok.
Sumber :
  • Pixabay/Ralf Kunze

VIVA Dunia – Badan Legislatif California akan segera mempertimbangkan RUU Majelis 935 yang akan melarang penjualan produk tembakau kepada siapa pun yang lahir setelah 1 Januari 2007. 

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Produk tembakau yang termasuk dalam larangan tersebut adalah “rokok, cerutu, cerutu kecil, tembakau kunyah, tembakau pipa, cairan vaping, atau tembakau dan banyak lagi,” menurut teks RUU tersebut.

Saat ini, warga California harus berusia 21 tahun atau lebih untuk membeli produk tembakau, namun undang-undang itu akan diganti dengan undang-undang baru, jika disahkan, melansir California Globe.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Ilustrasi Rokok

Photo :
  • U-Report

Misalnya, pada tahun 2029, hanya mereka yang berusia 22 tahun ke atas yang dapat membeli tembakau; pada tahun 2040, hanya mereka yang berusia 33 tahun ke atas yang dapat membelinya, dan seterusnya.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

Penulis RUU tersebut, Anggota Majelis Damon Connolly, mengklaim bahwa undang-undang tersebut akan mencegah generasi penerus California menjadi kecanduan produk tembakau.

Connolly tidak sendirian. Dua larangan serupa telah diberlakukan di Selandia Baru dan kota Brookline, Massachusetts. 

"Mencegah generasi berikutnya dari California menjadi kecanduan merokok harus menjadi prioritas bagi siapa saja yang peduli dengan kesehatan masyarakat negara bagian kita dan kesejahteraan anak-anak kita," kata Connolly dalam sebuah pernyataan. 

RUU itu juga akan mencakup hukuman atas pelanggaran, seperti "peningkatan denda perdata dan penangguhan atau pencabutan izin penjual untuk menjual produk tembakau," jika produk tembakau dijual kepada anak di bawah umur, menurut teks RUU tersebut.

Asosiasi Cerutu Premium, sebuah asosiasi perdagangan yang mewakili dan membantu pengecer tembakau premium, menyuarakan penentangannya terhadap RUU tersebut dalam rilis berita.

“Kami sangat prihatin dengan AB 935 dan undang-undang apa pun yang berupaya membatasi hak perokok cerutu premium,” kata Joshua Habursky, Wakil Direktur Eksekutif Asosiasi Cerutu Premium, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

ilustrasi merek rokok.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

“Proposal ini tidak didasarkan pada bukti ilmiah tetapi pada agenda politik yang berupaya menjelekkan perokok cerutu dewasa dan membatasi kebebasan mereka untuk menikmati produk legal. Jelas, bukan lagi agenda tersembunyi dari kelompok antitembakau untuk mendukung pelarangan penuh.”

Namun, Connolly menyatakan bahwa RUU tersebut tidak akan mempengaruhi siapa pun yang saat ini sudah cukup umur dan mampu membeli produk tembakau dan tidak akan menghukum individu karena hanya menggunakan atau memiliki barang-barang ini. "Dengan memperlambat penggunaan produk-produk berbahaya ini secara bertahap, kami dapat memastikan bahwa anak-anak generasi berikutnya di California tidak kecanduan merokok,” ujarnya. 

RUU Majelis 935 diperkirakan akan disidangkan di komite pada 17 Maret.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya