Berpotensi Perang Saudara, Presiden Israel Luncurkan 'Kerangka Rakyat' Redam Konflik di Negaranya

Presiden Israel, Isaac Herzog.
Sumber :
  • The Times of Israel.

VIVA Dunia – Di tengah suasana Israel yang mencekam, buntut dari kebijakan yang diserukan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang ingin merombak sistem peradilan negara itu, Presiden Israel, Isaac Herzog, pada hari Rabu, 15 Maret 2023, meluncurkan proposal "Kerangka Rakyat" untuk menggantikan rencana PM Israel.

Pengemudi Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Kesal karena Israel Tutup Perbatasan

Dalam pidato primetime untuk bangsa, dia mendesak kedua belah pihak yang pro dan kontra terkait kebijakan Benjamin untuk tidak menghancurkan negara.

Herzog menyebut rencananya, yang disusun setelah ratusan jam pertimbangan dalam beberapa pekan terakhir dengan politisi, ahli hukum, dan pakar dari seluruh spektrum politik, merupakan jalan emas menyelesaikan konflik. "Kerangka kerja ini melindungi anda masing-masing, warga Israel,” katanya, dikutip dari The Times of Israel, Kamis, 16 Maret 2023.

Top Trending : Pengalaman Tinggal Dekat Landasan Udara hingga Anak Kiai Sering Open BO Waria

Warga Israel melakukan aksi demonstrasi menentang reformasi peradilan.

Photo :
  • AP Photo/Ohad Zwigenberg.

"Kerangka kerja ini melindungi Israel sebagai negara Yahudi dan demokratis.”

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Dia juga memperingatkan bahwa aksi yang digelar berminggu-minggu dapat menimbulkan perang saudara. "Perang saudara itu nyata. Perang saudara adalah garis merah. Dengan harga berapa pun, dan dengan cara apa pun, saya tidak akan membiarkan hal itu terjadi.”

Sebelumnya, demonstrasi yang berlangsung di Israel merupakan bagian dari protes nasional yang berlangsung selama lebih dari dua bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya