Kerajaan Arab Saudi dan Beberapa Negara Timur Tengah Rayakan Idul Fitri Jumat 21 April

Pemantauan Hilal
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Dunia – Menyusul penampakan bulan sabit, Departemen Bulan Sabit di Mahkamah Agung Kerajaan mengumumkan bahwa pada Jumat, 01 Syawal 1444 Hijriah, bertepatan dengan 21 April 2023, adalah hari pertama Idul Fitri di Arab Saudi

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Kerajaan telah mengumumkan akhir pekan empat hari untuk Idul Fitri, yaitu berlangsung dari 20 April hingga 23 April.

Melansir Al Arabiya, UEA, Qatar, Kuwait, Bahrain, Yaman, Sudan, Yordania, dan Mesir juga mengumumkan bahwa hari pertama Idul Fitri akan jatuh pada hari Jumat. 

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Ilustrasi Hilal

Photo :
  • Bulan Sabit atau Hilal

Perayaan Idul Fitri mengikuti akhir Ramadhan yang berlangsung 29 atau 30 hari berdasarkan saat bulan sabit terlihat. Umat Muslim mengikuti kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam setahun 354 atau 355 hari.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Karyawan di sektor swasta dan nirlaba Arab Saudi dikabarkan akan bisa menikmati liburan berbayar selama empat hari yang akan dimulai pada akhir pekerjaan pada hari Kamis, ujar Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Saudi mengumumkan.

Di UEA, libur Idul Fitri untuk pegawai federal dan swasta dimulai pada 20 April. Libur diperpanjang hingga 3 Syawal yang jatuh pada 23 April.

Pada kesempatan Idul Fitri, Mahkamah Agung juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, Putra Mahkota, seluruh warga negara, penduduk, dan umat Islam di dunia. 

Langit gelap di Kota Suci Mekkah.

Photo :
  • Arabia Weather

Mahkamah Agung Arab Saudi telah menyerukan kepada seluruh umat Islam untuk melihat hilal bulan Syawal pada hari Kamis, tanggal 29 Ramadhan untuk tahun 1444 H ini.

Kerajaan tidak sendirian dalam mengkonfirmasi dimulainya Idul Fitri. Menurut postingan media sosial yang dibagikan oleh Pusat Astronomi Internasional, berbeda dengan Arab Saudi, Sabtu 22 April akan menjadi hari pertama Idul Fitri di negara:

Australia

Brunei

Indonesia

Malaysia

Thailand

Singapura

Jepang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya