Juri Telah Dipilih, Pengadilan Kasus Pemerkosaan Donald Trump Akhirnya Dimulai

Donald Trump tiba di pengadilan New York
Sumber :
  • The Guardian

VIVA Dunia – Peristiwa lain yang belum pernah terjadi sebelumnya mengenai mantan presiden AS: menjadi satu-satunya mantan presiden yang digugat perdata yang berpusat pada tuduhan pemerkosaan.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Juri federal dipilih di New York pada hari Selasa lalu, untuk mendengarkan bukti mengenai klaim bahwa Donald Trump telah memperkosa kolumnis penasihat E Jean Carroll hampir 30 tahun yang lalu. Juri kemudian mendengar argumen pembuka dari kedua belah pihak.

Kasus Carroll, yang akhirnya telah dimulai setelah menempuh jalan berliku selama bertahun-tahun dan upaya mantan jaksa agung Trump untuk membatalkan gugatan sebelum argumen pembukaan pernah terjadi.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Mantan kolumnis majalah Elle E. Jean Carroll.

Photo :
  • Seth Wenig/AP.

Ketika Carroll memecah kesunyiannya tentang Trump dalam sebuah memoar tahun 2019, presiden saat itu "menggunakan platform paling kuat di dunia untuk berbohong tentang apa yang telah dia lakukan, menyerang integritas Carroll, dan menghina penampilannya," kata pengacara Carroll, Shawn Crowley kepada juri yang baru dipilih, melansir BBC.

Mahasiswa Yahudi Ketakutan usai Demo Anti-Israel Merebak di Kampus-kampus New York

Pengacara Trump, Joseph Tacopina berkata kepada juri, bahwa Carroll mengatakan kebohongan tentang Trump untuk keuntungan finansial dan balas dendam politik. Kasus ini merupakan "penghinaan terhadap keadilan," katanya.

Carroll menuduh Trump menyematkannya ke dinding ruang ganti department store New York dan menyerangnya secara seksual pada akhir 1995 atau awal tahun berikutnya saat mereka berbelanja bersama. Dia membawa kasus itu tahun lalu di bawah undang-undang New York yang membuka jendela satu tahun bagi korban kekerasan seksual untuk mengajukan kasus perdata setelah undang-undang pembatasan berakhir.

Shawn Crowley mengatakan kepada juri bahwa dia akan bersaksi bahwa apa yang terungkap dalam beberapa menit di ruang pas "akan mengubah hidupnya selamanya".

"Dipenuhi rasa takut dan malu, dia diam selama beberapa dekade,” kata Crowley. “Akhirnya, diam menjadi tidak mungkin.”

Sejauh ini, kasus tersebut adalah satu-satunya yang dibawa ke pengadilan di antara lebih dari selusin tuduhan terhadap Trump tentang pemerkosaan, perbuatan tidak senonoh, dan serangan seksual serta pelanggaran lainnya.

Trump diperkirakan tidak akan menghadiri persidangan, setelah pengacaranya mengatakan dia tidak akan bersaksi. 

Donald Trump

Photo :
  • vstory

Di antara saksi yang diharapkan dipanggil oleh Carroll yaitu dua wanita yang mengatakan bahwa dia mereka tentang dugaan penyerangan tersebut, Lisa Birnbach dan Carol Martin, yang telah menguatkan kesaksiannya.

Carroll mengatakan dia tidak langsung mengajukan pengaduan ke polisi karena dia "terkejut dan tidak ingin menganggap dirinya sebagai korban pemerkosaan". Dia dinasihati untuk "diam" karena Trump adalah pengusaha kuat yang akan "mengubur" dirinya. 

Carroll berubah pikiran ketika Trump terpilih sebagai presiden pada 2016 dan setelah tuduhan terhadap produser film Harvey Weinstein yang mengarah pada gerakan #MeToo. Dia menulis sebuah buku, What Do We Need Men For? A Modest Proposal, merinci pelecehan oleh pria termasuk Trump. Kutipan diterbitkan di majalah New York.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya