Menteri Pendidikan Serbia Mundur Buntut Penembakan Massal di Sekolah

Menteri Pendidikan Serbia, Branko Ruzic, mengundurkan diri
Sumber :
  • FB Branko Ruzic

VIVA Dunia  – Menteri Pendidikan Serbia mengajukan pengunduran dirinya pada hari Minggu, 7 Mei 2023, menyusul dua kasus penembakan massal, salah satunya di sebuah sekolah dasar, yang menewaskan 17 orang, dan pemerintah negara itu mendesak warga untuk menyerahkan semua senjata mereka yang tidak terdaftar atau menghadapi risiko hukuman penjara.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Menteri Pendidikan Branko Ruzic adalah pejabat Serbia pertama yang mengundurkan diri atas penembakan itu, meskipun ada seruan luas agar lebih banyak pejabat senior mundur setelah pertumpahan darah berturut-turut. Ruzic mengutip "tragedi bencana yang melanda negara kita" dalam menjelaskan keputusannya.

Diketahui, prosesi pemakaman diadakan untuk sembilan korban penembakan di sekolah di Beograd, ibu kota Serbia, pada hari Rabu dan delapan orang yang tewas di daerah pedesaan di selatan ibu kota pada Kamis malam. 

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kekerasan yang juga melukai 21 orang mengejutkan dan membuat sedih negara Balkan itu, yang berada di puncak daftar kepemilikan senjata terdaftar di Eropa tetapi melakukan penembakan massal selama satu dekade terakhir.

Polisi berjaga-jaga di sekolah Vladislav Ribnikar di Belgrade, Serbia.

Photo :
  • AP Photo/Darko Vojinovic.
AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Segera setelah serangan pertama, Ruzic dengan cepat menyalahkan aksi kekerasan dipicu tontotan yang dianggapnya: "Kanker, pengaruh merusak dari internet, video game, apa yang disebut nilai-nilai Barat," 

Kritik semacam itu biasa terjadi di Serbia, yang menolak untuk sepenuhnya menghadapi perannya dalam perang tahun 1990-an yang menyertai pecahnya Yugoslavia.

Penjahat perang Serbia sebagian besar dianggap sebagai pahlawan, dan sentimen pro-Rusia dan anti-Barat berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir karena anggota kelompok minoritas secara rutin menghadapi pelecehan dan terkadang kekerasan fisik.

Penembakan massal terakhir di Serbia terjadi pada 2013, ketika seorang veteran perang menewaskan 13 orang. 

Penyerang melakukan penembakan sekolah massal pertama di negara itu, adalah seorang anak laki-laki berusia 13 tahun yang menembaki teman-teman sekolahnya, menewaskan tujuh anak perempuan, seorang anak laki-laki dan seorang penjaga sekolah.

Keesokan harinya, seorang pria berusia 20 tahun menembak secara acak di dua desa di pusat Serbia, menewaskan delapan orang. Baik dia dan anak laki-laki dalam penyerangan sekolah dasar ditangkap. 

Bocah itu terlalu muda untuk dituntut secara pidana dan ditempatkan di klinik jiwa. Pria itu, yang diidentifikasi sebagai Uros Blazic, menghadapi dakwaan pembunuhan tingkat pertama dan kepemilikan senjata dan amunisi tanpa izin.

Motif serangan masih belum diketahui. Blazic, yang ditangkap mengenakan kaus pro-Nazi, mengatakan kepada jaksa selama interogasi pada hari Sabtu bahwa dia menembak orang yang tidak dia kenal secara pribadi karena dia ingin menyebarkan ketakutan di antara penduduk, lapor penyiar negara Serbia RTS.

Sementara negara berjuang untuk berdamai dengan masa lalunya, dan terhadap aksi penembakan baru-baru ini, pihak berwenang menjanjikan tindakan keras terhadap kepemilikan senjata. Mereka juga akan meningkatkan keamanan di sekolah dan di seluruh negeri.

Pelaku penembakan massal di sekolah Serbia

Photo :
  • Daily Mail

Pada hari Minggu, Kementerian Dalam Negeri mengatakan individu dapat menyerahkan senjata yang disimpan secara ilegal dengan tenggat waktu mulai hari ini hingga 8 Juni tanpa menghadapi tuntutan apapun. 

Mereka yang mengabaikan perintah itu akan menghadapi tuntutan dan jika terbukti bersalah, mereka berpotensi ditahan selama bertahun-tahun di balik jeruji besi, kata pejabat pemerintah telah memperingatkan.

"Kami mengundang semua warga negara yang memiliki senjata ilegal untuk menanggapi seruan ini, untuk pergi ke kantor polisi terdekat dan menyerahkan senjata yang tidak memiliki dokumen yang layak," kata pejabat polisi Jelena Lakicevic.

Penyerahan sukarela berlaku untuk semua senjata api, alat peledak seperti granat, bagian senjata dan amunisi yang disimpan orang secara ilegal di rumah mereka, kata Lakicevic.

Dalam pidato ketiganya kepada negara sejak pembunuhan itu, Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan pada Minggu, "Kami berharap mendapatkan jutaan peluru dengan cara itu,"
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya