Ukraina: Rusia Telah Hancurkan 177 Institusi Medis Sejak Invasi Dimulai

VIVA Militer: Rumah sakit di Mariupol Ukraina hancur diserangn rudal Rusia
Sumber :
  • aljazeera.com

VIVA Dunia – Akibat agresi Rusia di Ukraina yang telah berlangsung sejak 24 Februari 2022 tahun lalu, 177 institusi medis telah dihancurkan dan lebih dari 1.400 rusak.

PBB: Butuh Waktu 80 Tahun Untuk Bangun Semua Rumah yang Hancur di Gaza

Deputi Pertama Menteri Kesehatan Ukraina, Serhiy Dubrov mengatakan hal ini dalam siaran telethon nasional "United News", melansir Ukrinform, Selasa, 9 Mei 2023.

"1433 fasilitas medis rusak, dan jika kita berbicara tentang rumah sakit yang hancur total, maka hari ini 177 fasilitas medis telah hancur total sejak awal invasi,” ujar Dubrov.

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

Meski begitu, pihak Ukraina tengah membangun kembali fasilitas medis tersebut, khususnya yang hanya mengalami kerusakan ringan. “Kami sedang membangun kembali, dan pertama-tama, kami membangun kembali fasilitas medis yang telah rusak ringan, mengganti unit jendela, mengganti atap dan membangun kembali fasilitas medis yang telah rusak di tempat-tempat di mana warga membutuhkan perawatan medis," lanjut Dubrov.

Rusia dilaporkan menyerang rumah sakit ibu dan anak di Mariupol, Ukraina

Photo :
  • Video BBC
Video Jet Tempur Ukraina Dikejar Rudal Nuklir Rusia, Bak Film Top Gun

Wakil menteri juga menekankan bahwa butuh waktu lama untuk membangun kembali fasilitas medis besar yang dihancurkan Rusia.

Oleh karena itu, di tempat-tempat di mana institusi medis dihancurkan, di permukiman kecil, layanan medis darurat dan pengobatan darurat mulai bekerja segera setelah berhenti bekerja, tidak hanya menyediakan perawatan darurat tetapi juga perawatan kesehatan primer.

“Kemudian masalah diselesaikan melalui solusi sementara, seperti pemasangan modular health center atau modular hospital. Kami sedang mempertimbangkan pembangunan modular hospital, beberapa di antaranya sudah dibangun untuk masa depan. Dengan bantuan pemerintah Perancis, kami juga berencana untuk memperluas jaringan rumah sakit bergerak," tambah Dubrov.

VIVA Militer: Serangan artileri roket militer Rusia di Ukraina

Photo :
  • dailymail.co.uk

Seperti diberitakan, pada bulan April tahun ini, Menteri Kesehatan Ukraina dan Prancis menandatangani deklarasi kerjasama di bidang kesehatan dan pencegahan antara kementerian. Secara khusus, disepakati untuk mengimplementasikan sejumlah proyek untuk mengembangkan sistem perawatan kesehatan Ukraina, keahlian teknis, dan pertukaran pengalaman.

Juga disepakati untuk mengimplementasikan proyek untuk membangun kembali rumah sakit secara modular. Sebelumnya, pembicaraan mengenai sepuluh rumah sakit modular dengan total biaya 30 juta euro atau Rp486 miliar, yang rencananya akan dibangun dengan mengorbankan pinjaman pemerintah dari pemerintah Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya