Bertelanjang Dada, Aktivis Targetkan Protes ke Perusahaan Mobil Volkswagen

Logo Volkswagen terbaru
Sumber :
  • Carscoops

VIVA Dunia – Setelah "diam" beberapa lama, aktivis pecinta lingkungan dan hak asasi manusia kembali melakukan aksi protesnya.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Beberapa aktivis mengganggu pertemuan pemegang saham tahunan produsen mobil terkenal asal Jerman, Volkswagen di Berlin pada hari Rabu waktu setempat, melansir Forbes, Kamis, 11 Mei 2023.

Di dalam aula pertemuan, sekitar 10 aktivis, termasuk seorang wanita bertelanjang dada dengan lukisan "Uang Kotor" di punggungnya, menyela pidato CEO Volkswagen, Oliver Blume. Mereka dengan cepat dikawal keluar oleh staf keamanan.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Aktivis ganggu pertemuan Volkswegen

Photo :
  • New York Post

Selain verbal, sebuah kue juga dilemparkan ke arah anggota dewan Wolfgang Porsche selama pidato ketua Hans Dieter Pötsch.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Polisi juga menghentikan upaya pengunjuk rasa iklim untuk menempelkan diri mereka ke tanah di lapangan di luar pertemuan. 

Aktivis mengganggu proses di dalam aula sebagai protes terhadap pabrik VW di provinsi Xinjiang, China. Mereka menuduh produsen mobil menutup mata terhadap pelanggaran hak asasi manusia di wilayah tersebut.

Pihak Volkswagen mengatakan tidak menemukan bukti pelanggaran hak asasi manusia di pabrik di Xinjiang yang dijalankan dengan perusahaan mitra SAIC.

Di luar aula pertemuan, pengunjuk rasa iklim menuntut produsen mobil terbesar di Eropa itu mengurangi jejak karbonnya. "Ilmunya jelas: emisi dari rencana penjualan mobil Volkswagen berada di luar batas planet Bumi," adalah pesan yang dipegang oleh para aktivis dari Pemberontakan Ilmuwan.

"Dialog yang konstruktif itu penting. Dan rapat umum menawarkan kesempatan bagus untuk ini," kata perusahaan menanggapi protes tersebut.

Seperti diketahui, aktivis iklim di seluruh Eropa telah menggunakan langkah-langkah aneh dan terkadang berantakan untuk mendapatkan perhatian demi tujuan mereka.

Aktivis ganggu pertemuan Volkswagen

Photo :
  • New York Post

Tahun lalu, dua pengunjuk rasa melemparkan kentang tumbuk ke karya Oscar-Claude Monet yang berusia 130 tahun "Les Meules" sebelum menempelkan diri ke dinding. Awal bulan ini pasangan lain melemparkan sup tomat Heinz ke lukisan "Sunflowers" yang legendaris karya Vincent van Gogh.

Beberapa saat lalu juga, seorang demonstran iklim menempelkan kepalanya yang dicukur ke lukisan terkenal "Girl With a Pearl Earring" sementara aktivis kedua menempelkan tangannya ke dinding di sebelah lukisan itu dan menuangkan saus tomat ke atas kepala rekannya. 

Patung Raja Charles III di Madame Tussauds London, juga jadi sasaran protes para aktivis dengan mereka melempar kue. Namun, dilaporkan tidak ada kerusakan yang dilaporkan terjadi pada lukisan dan patung tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya