Keluarga Diplomat Korea Utara Dikabarkan Menghilang dan Membelot ke Rusia

Istri dan anak diplomat Korea Utara yang hilang dan diyakini membelot
Sumber :
  • Radio Free Asia

Rusia – Pihak berwenang Rusia telah mengeluarkan peringatan orang hilang untuk keluarga seorang diplomat Korea Utara, yang menurut laporan media lokal dan internasional diisukan menjadi percobaan pembelotan.

Ahli Propaganda Terkenal di Korut Kim Ki Nam Meninggal Dunia

Menurut pemberitahuan publik yang dikeluarkan pada Selasa waktu setempat, Kim Kum Sun  (43) dan putranya Park Kwon Ju (15), terakhir terlihat pada Minggu pekan lalu meninggalkan konsulat Korea Utara di Vladivostok, di timur jauh Rusia, dan keberadaan mereka sekarang tidak diketahui.

Mereka adalah istri dan anak dari perwakilan perdagangan Korea Utara berusia 60-an dengan nama belakang Park, kata sumber di Vladivostok kepada RFA's Korean Service. Park, yang dianggap sebagai diplomat, telah kembali ke Korea Utara pada 2019, kata mereka.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Ilustrasi

Photo :
  • 1454139

Park dan keluarganya dikirim ke Rusia sebelum pandemi COVID-19, di mana mereka ditugaskan untuk mendapatkan mata uang asing bagi rezim Korea Utara dengan menjalankan restoran Koryo dan Sungai Tumen di Vladivostok, kata seorang sumber di Vladivostok yang menolak disebutkan Namanya, menurut Radio Free Asia.

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

Wanita yang hilang itu diidentifikasi sebagai Kim Kum Sun, yang bertindak sebagai manajer kedua restoran atas nama suaminya, menurut seorang warga Rusia keturunan Korea yang akrab dengan perusahaan milik negara Korea Utara di Vladivostok. Dia berbicara kepada Radio Free Asia dengan syarat anonim untuk alasan keamanan.

Pada hari mereka menghilang, ibu dan anak itu naik taksi dan turun di Jalan Nevskaya, yang tidak jauh dari konsulat, lapor Media Rusia. Konsulat melaporkan kepada pihak berwenang bahwa mereka telah kehilangan kontak dengan keduanya setelah mereka tidak dapat menghubungi mereka.

“(Ibu dan anak laki-laki) itu telah ditahan di konsulat Korea Utara di Vladivostok selama beberapa bulan dan kemudian menghilang selama seminggu sekali untuk keluar,” kata warga Rusia keturunan Korea itu.

“Park mengatakan dia akan kembali setelah tinjauan kinerja bisnis restoran, tetapi dia tidak dapat kembali karena perbatasan telah ditutup sejak Covid-19 melanda,” katanya, menambahkan bahwa pandemi berdampak buruk pada bisnis di restoran Koryo, yang Kim Kum Sun akhirnya menggantikan suaminya.

"Pada bulan Oktober tahun lalu, asisten manajer yang mengawasi personel juga melarikan diri," kata orang Korea-Rusia itu.

Asisten manajer restoran Koryo, Kim Pyong Chol (51) mencoba meminta suaka kepada Rusia tetapi tertangkap. Tak lama kemudian, konsulat menutup restoran karena khawatir orang lain juga akan mencoba melarikan diri, katanya.

"Pejabat manajer dan putranya kemudian ditempatkan di dalam kurungan di dalam konsulat di Vladivostok," kata orang Korea-Rusia itu. “Mereka diizinkan keluar hanya satu hari dalam seminggu karena mereka tidak melakukan kejahatan tertentu, mereka hanya melakukan tugas di dalam konsulat dan diawasi.”

Desas-desus tentang kemungkinan pembukaan kembali perbatasan Korea Utara-Rusia telah membuat warga Korea Utara terdampar di Rusia karena pandemi cemas bahwa mereka mungkin harus segera kembali ke tanah air mereka, sumber terkait Korea Utara lainnya di Vladivostok mengatakan kepada RFA tanpa menyebut nama.

“Mereka takut ketika kembali ke Korea Utara, mereka akan kembali ke gaya hidup di mana mereka terputus dari dunia luar,” kata sumber terkait Korea Utara.

Ketakutan untuk kembali ke salah satu negara paling terisolasi di dunia terlihat jelas di antara komunitas pemula pekerja dan pejabat Korea Utara yang dikirim ke Vladivostok, kata Kang Dongwan, seorang profesor di Universitas Dong-A Busan, yang baru-baru ini mengunjungi kota Rusia itu.

Istri

Photo :
  • 1487014

“Para pekerja Korea Utara yang saya temui di Vladivostok berada dalam situasi yang sulit dan cukup gelisah,” katanya. “Jika (pembukaan kembali perbatasan) terjadi, ada kemungkinan besar pekerja Korea Utara dan keluarga diplomat akan kembali ke Korea Utara. Jadi mereka mungkin menilai bahwa satu-satunya kesempatan untuk melarikan diri dari Korea Utara adalah sekarang.”

Menurut surat kabar Dong-A Ilbo Korea Selatan, kantor kepresidenan di Seoul telah mengkonfirmasi bahwa ibu dan anak tersebut hilang, dan agensi terkait Korea Selatan secara aktif mencari keberadaan mereka. Mereka belum melakukan kontak dengan otoritas Korea Selatan.

Seorang pejabat dari kantor mengatakan kepada Dong-A bahwa kasus tersebut “belum pada tahap di mana mereka mencoba mencari suaka di Korea Selatan, sejauh yang saya tahu.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya