Wonder Women! Politisi Ini Tetap Menyusui Anaknya Saat Rapat Parlemen

Gilda Sportiello
Sumber :
  • Daily Mail

Italia – Anggota parlemen Italia, Gilda Sportiello, mendapat tepuk tangan meriah hari ini, Kamis 8 Juni 2023, saat ia menjadi politisi pertama yang menyusui saat rapat tengah berlangsung di parlemen negara di Roma.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Anggota parlemen berusia 36 tahiun itu menyusui putranya yang baru berusia dua bulan, Frederico, di Ruangan Deputi. Seorang bayi boleh masuk dan duduk di ruangan parlemen untuk pertama kalinya setelah adanya perubahan peraturan.

Meskipun negara-negara lain telah melihat kegiatan seorang ibu memberi asi di parlemen sebelumnya, ini adalah yang pertama di Italia, karena sekitar dua pertiga anggota parlemen di Italia adalah laki-laki.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Gilda

Photo :
  • 1486930

Sportiello, yang berasal dari partai Gerakan Bintang Lima berhaluan kiri, mengatakan: "Terlalu banyak wanita berhenti menyusui sebelumnya, bukan karena pilihan, melainkan karena mereka dipaksa untuk kembali ke tempat kerja,” ujarnya, melansir Daily Mail.

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

Dia disambut dengan tepuk tangan meriah setelah menetapkan preseden baru selama pemungutan suara administrasi publik di majelis rendah.

Giorgio Mule, yang memimpin sesi parlemen, berkata: “Ini pertama kalinya, dengan dukungan semua pihak. Harapan terbaik untuk Federico untuk hidup yang panjang, bebas, dan damai. Sekarang kita akan berbicara pelan-pelan, karena ada seorang bayi,” ujarnya, yang ditanggapi tawa kecil oleh para hadirin.

Pada bulan November tahun lalu, sebuah panel aturan parlemen memberi lampu hijau kepada anggota parlemen perempuan untuk membawa anak mereka masuk ke ruangan, dan boleh menyusui bayinya hingga usia satu tahun ketika rapat dimulai.

Pada 2021, ruang menyusui khusus juga telah dibuka di gedung parlemen Italia di Palazzo Montecitorio.

Giorgia Meloni menjabat pada bulan Oktober sebagai perdana menteri wanita pertama Italia, tetapi sekitar dua pertiga dari anggota parlemen negara tetaplah laki-laki. Undang-undang baru diberlakukan setelah dia mengajukan proposal pada 2019.

Meskipun ini adalah yang pertama di Italia, 13 tahun lalu Licia Ronzulli, sekarang menjadi senator di partai Forza Italia yang bersayap kanan-tengah, juga sempat membuat heboh karena menyusui putrinya di Parlemen Eropa di Strasbourg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya