Tentara Bayaran Wagner Berontak, Tembak Jatuh 6 Helikopter dan 1 Pesawat Rusia

Tentara bayaran Wagner Grup di atas tank - senjata laras panjang di Rostov Rusia
Sumber :
  • AP Photo

Moskow – Tentara bayaran Grup Wagner telah menjatuhkan enam helikopter dan satu pesawat tentara Rusia, pada 24 Juni 2023. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Angkatan Udara Ukraina,Yurii Ihnat. 

Daftar Pemimpin Negara yang Menjadi Buronan LCC, Terbaru dan Terlengkap!

Rusia diketahui kehilangan dua helikopter serang dan empat helikopter angkut. 

"Helikopter angkut Mi-8 adalah perangkat keras yang kuat, yang benar-benar membantu tentara Rusia dalam perangnya melawan Ukraina,” kata juru bicara itu, dikutip dari Kyiv Independent, Senin, 26 Juni 2023. 

Putin Akan Kunjungi China dan Bertemu Xi Jinping Pekan Ini

VIVA Militer: Tentara bayaran PMC Wagner Group Rusia

Photo :
  • straitstimes.com

Blogger militer pro-Kremlin Rusia juga melaporkan bahwa pasukan Wagner menjatuhkan satu helikopter serang Ka-52, satu helikopter angkut Mi-8, tiga helikopter perang elektronik Mi-8, satu helikopter serang Mi-35, dan satu Il-18 pesawat terbang. 

WN Ukraina-Rusia 'Sulap' Vila di Bali Jadi Lab Narkoba dengan Bunker Bawah Tanah

Meski demikian, pemberontakan bersenjata dari kelompok tentara bayaran Wagner berakhir pada 25 Juni, karena pemimpin kelompok itu, Yevgeny Prigozhin, mengatakan bahwa pasukannya akan kembali ke kamp militer setelah merebut markas besar Distrik Militer Selatan tentara Rusia di kota Rostov. 

Pada 23 Juni 2023, Prigozhin mengumumkan pawai melawan kepemimpinan militer Rusia untuk memulihkan keadilan, setelah menyatakan bahwa serangan rudal di kamp tentara bayarannya di dalam wilayah Ukraina yang diduduki Rusia menyebabkan banyak korban. 

Namun, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa kasus pemberontakan terhadap Prigozhin dibatalkan, dan dia akan pindah ke Belarusia. 

Tentara bayaran Wagner terkenal karena taktik penyerangan brutal mereka, yang terakhir kali menyerang di wilayah Bakhmut. Beberapa negara, termasuk AS, telah menetapkan Wagner sebagai organisasi kriminal internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya