Kanada Diserang Penyakit Misterius Mematikan yang Bisa Lumpuhkan Otak

Ilustrasi kecerdasan otak manusia | Flickr, Ars Electronica
Sumber :
  • U-Report

Kanada – Penyakit otak yang misterius dan mematikan “menyerang” orang-orang di provinsi New Brunswick Kanada, yang membuat otoritas kesehatan semakin khawatir.

Parto Patrio Jalani Operasi Kedua, Istri Banyak Berdoa

Penyakit tersebut menyebabkan gejala neurologis seperti halusinasi, pengecilan otot, masalah penglihatan, kehilangan ingatan, dan gerakan abnormal. Kasus pertama terdeteksi pada tahun 2015 pada sekelompok kecil pasien, yang akhirnya berkembang menjadi 48 kasus.

Tetapi beberapa ahli kesehatan dan penduduk setempat mengatakan jumlah orang dengan kondisi tersebut jauh lebih tinggi, dan kini mungkin melebihi 200 orang.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Ilustrasi otak manusia.

Photo :
  • U-Report

Pejabat kesehatan semakin khawatir karena gangguan otak lebih banyak menyerang kaum muda.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

“Saya sangat prihatin dengan peningkatan jumlah sindrom neurologis onset muda dan onset dini,” tulis ahli saraf Dr. Alier Marrero dalam surat tertanggal 30 Januari 2023 kepada kepala petugas medis New Brunswick dan kepala petugas kesehatan masyarakat federal. 

“Selama setahun terakhir, saya telah mengikuti 147 kasus, antara usia 17 dan 80 tahun. Dari jumlah tersebut, 57 adalah kasus early-onset dan 41 adalah kasus young-onset,” tulis Marrero, menurut Toronto Star.

Marrero dan pejabat kesehatan mencurigai herbisida yang disebut Glyphosate kemungkinan menjadi alasan di balik penyakit otak misterius tersebut. Herbisida digunakan dalam pertanian, industri kehutanan dan pembasmi rumput rumah tangga. Glifosat mengandung fosfor yang dapat merangsang berkembangnya alga biru-hijau, sejenis cyanobacteria yang dapat membuat orang sakit dan membunuh hewan, termasuk hewan peliharaan.

Pada 2021, ada sembilan kematian yang dikaitkan dengan penyakit misterius itu, lapor Daily Mail.

Tetapi penyelidikan pemerintah, yang mempertimbangkan racun lingkungan sebagai penyebabnya, tiba-tiba menutup kasus pada tahun 2021.

Ilustrasi kesehatan atau dokter.

Photo :
  • Pixabay

Dalam suratnya, Marrero menyoroti bahwa tes laboratorium pada pasien mengungkapkan “tanda-tanda paparan yang jelas” terhadap glifosat, serta senyawa lain yang terkait dengan herbisida.

Sekelompok pasien dari New Brunswick telah meminta pemerintah federal dan provinsi untuk melakukan penyelidikan skala penuh pada penyakit otak ini. "Kami secara resmi menuntut Menteri Kesehatan federal Jean-Yves Duclos membebaskan para ilmuwan Kanada dan mengarahkan Badan Kesehatan Masyarakat Kanada untuk menegakkan Undang-Undang Kesehatan Kanada dan mengembalikan ahli federal ke dalam penyelidikan," kata Steve Ellis, yang merupakan advokat pasien.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya