Belanda Akan Mulai Larang Pengunaan Ponsel di Ruang Kelas Sekolah

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • AnandTech

Belanda – Ponsel, tablet, dan jam tangan pintar sebagian besar akan dilarang di ruang kelas di negara Belanda mulai 1 Januari 2024, kata pemerintah Belanda, dalam upaya untuk membatasi gangguan selama pelajaran.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Larangan tersebut telah disetujui oleh Kementerian Pendidikan, sekolah, dan organisasi terkait lainnya.

Menteri Pendidikan Belanda Robbert Dijkgraaf mengatakan ponsel tidak termasuk dalam ruang kelas, meskipun "terkait dengan kehidupan kita". Perangkat digital hanya akan diizinkan jika diperlukan secara khusus, misalnya selama pelajaran keterampilan digital, untuk alasan medis, atau untuk penyandang disabilitas.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Ilustrasi sekolah online.

Photo :
  • vstory

 “Meskipun ponsel terkait erat dengan kehidupan kita, ponsel tidak termasuk dalam ruang kelas,” kata Menteri Pendidikan Robbert Dijkgraaf, mengutip DW, Rabu, 5 Juli 2023.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

"Siswa harus bisa berkonsentrasi dan perlu diberi kesempatan untuk belajar dengan baik. Ponsel adalah gangguan, penelitian ilmiah menunjukkan. Kita perlu melindungi siswa dari hal ini," tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Dijkgraaf mengatakan sekolah akan diberi ruang untuk menerapkan larangan tersebut sesuai rencana mereka sendiri, tetapi memperingatkan bahwa aturan hukum akan berlaku jika larangan tersebut tidak diterapkan pada musim panas 2024.

Keputusan Belanda mengikuti keputusan serupa di Finlandia yang diumumkan minggu lalu.

Di Jerman, hanya negara bagian Bavaria yang secara resmi melarang ponsel di sekolah hingga tahun akademik terakhir, ketika larangan tersebut dilonggarkan. Undang-undang kebebasan Jerman umumnya bertentangan dengan larangan ponsel, meskipun sekolah memiliki kebebasan untuk mengeluarkan peraturan mereka sendiri.

Larangan serupa diperkenalkan di Prancis pada tahun 2018 untuk sekolah dasar dan menengah untuk meningkatkan fokus dan mencegah intimidasi online. Sekolah-sekolah di Inggris juga menyarankan agar larangan semacam itu dapat diberlakukan. Sekolah saat ini dibiarkan menetapkan kebijakan mereka sendiri dan pemerintah mengatakan intervensi lebih lanjut tidak diperlukan.

"Dalam kebanyakan kasus ponsel sudah dilarang untuk sebagian besar hari sekolah dengan sekolah mengambil berbagai langkah untuk menegakkan kebijakan itu," kata departemen pendidikan Inggris. Pada tahun 2021, mantan sekretaris pendidikan Inggris Gavin Williamson mengatakan pelarangan ponsel akan dipertimbangkan lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya