Bikin Merinding, Beredar Dialog Kru Kapal Selam Titan dengan Kapal Induk, Sebelum Meledak

Pencarian Kapal Selam
Sumber :
  • AP Photo

Amerika Serikat – Transkrip sebuah video yang menunjukan komunikasi terakhir kru kapal penyelam Titan dengan kapal induknya, tersebar di sosial media Tiktok. Obrolan tersebut diduga percakapan terakhir antara kru pesawat Titan, sebelum dinyatakan hilang dan meledak. 

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Percakapan diketahui dimulai pada 7:52 pagi waktu setempat, ketika kru kapal induk memberi tahu penumpang di kapal Titan bahwa mereka boleh turun ke Titanic, kemudian kapal selam perlahan mulai turun ke laut. 

“Selamat menikmati para penyelam,” kata kapal induk sebelum meminta mereka untuk melakukan pemeriksaan sistem dan mengatakan bahwa mereka dapat untuk melanjutkan penyelaman. 

RI Bangun Kapal Selam Sekelas Scorpene, Pengamat: Langkah Maju Pertahanan di Sektor Maritim

Kapal selam OceanGate.

Photo :
  • OceanGate.

“Semua sistem berfungsi normal. Kami dalam kondisi yang baik.  Melanjutkan penurunan kami sesuai rencana," kata kru Titan pada pukul 8:34 pagi, dikutip dari Hitc, Rabu, 5 Juli 2023. 

Pintu Apung di Titanic Terjual Seharga Rp11,3 Miliar dalam Lelang

Mereka melanjutkan kontak dengan kapal induk, The Polar Prince dan mengkonfirmasi kedalaman mereka saat 45 menit setelah penyelaman, "semua sistem stabil dan terus turun." 

Dalam transkrip percakapan, mereka mengatakan semuanya masih berlayar mulus, dan terkendali pada 75 menit setelahnya. Namun, pada pukul 9:28 pagi, transkrip tersebut mengatakan bahwa kru memperhatikan alarm dari Sistem Pemantauan Waktu Nyata (RTM) dan mengurangi kedalaman penurunan kecepatan Titan. 

"Apakah kamu perlu naik?," tanya kapal The Polar Prince. Namun mereka mengatakan bahwa akan melepaskan pemberat dan membuang rangka. 

Mereka kemudian memulai untuk naik ke atas permukaan, tetapi naik lebih lambat dari yang diharapkan. Transkrip itu mengatakan bahwa komunikasi terputus pada pukul 09:46. 

“Kami tidak menerimamu. Tolong perbarui," kata The Polar Prince. 

“Bagaimana laporan status dan kedalaman. Kami membutuhkan Anda untuk merespons dengan status dan kedalaman." 

“Kami tidak dapat mendeteksi anda. Kami pindah ke koordinat pemulihan. Laporkan jika Anda membaca pesan lain," ujar The Polar Prince lagi memastikan. 

Namun, kru Titan masih tidak menjawabnya, komunikasi terakhir dilakukan pada pukul 9:57 pagi ketika kapal induk secara tragis memohon pada kru kapal Titan agar merespon panggilannya. 

Sebagai informasi, Miliarder penerbangan Hamish Harding, CEO OceanGate Stockton Rush, pengusaha Shahzada Dawood dan putranya Suleman, dan pilot Prancis Paul-Henry Nargeolet dipastikan tewas, pada 22 Juni, setelah puing-puing dari kapal Titan yang meledak ditemukan di dasar laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya