Taliban Tutup Paksa Semua Salon Kecantikan di Afghanistan, Batasi Gerak Wanita

Kepala manekin di Afghanistan ditutup kain
Sumber :
  • Al Arabiya

Afghanistan – Pemerintahan Taliban di Afghanistan telah memerintahkan penutupan salon kecantikan dalam jangka waktu satu bulan, kata kementerian moralitas, dalam penyusutan terbaru akses ke tempat umum bagi perempuan Afghanistan. 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

“Batas waktu penutupan salon kecantikan untuk wanita adalah satu bulan,” kata Mohammad Sadiq Akif, juru bicara Kementerian Pencegahan Kejahatan dan Penyebaran Kebajikan, mengacu pada pemberitahuan kementerian, melansir The Guardian. 

Pemerintah asing dan pejabat PBB telah mengutuk pembatasan yang meningkat terhadap perempuan sejak Taliban kembali berkuasa pada 2021 setelah mengalahkan pemerintah yang didukung AS ketika pasukan asing mundur.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Salon di Afghanistan

Photo :
  • The Guardian

Tahun lalu, pihak berwenang menutup sebagian besar sekolah menengah perempuan, melarang perempuan dari universitas dan menghentikan banyak staf bantuan perempuan Afghanistan untuk bekerja. Banyak tempat umum termasuk pemandian, pusat kebugaran, dan taman telah ditutup untuk wanita. 

Indonesia Becomes the World's Most Positive Country

Salon kecantikan bermunculan di Kabul dan kota-kota Afghanistan lainnya pada bulan-bulan setelah Taliban digulingkan dari kekuasaan pada akhir 2001, beberapa minggu setelah serangan 11 September di AS. 

Banyak salon yang tetap buka setelah Taliban kembali berkuasa dua tahun lalu, memberi beberapa wanita pekerjaan dan pelanggan mereka dengan layanan khusus wanita. 

Salon khusus wanita biasanya memiliki jendela tertutup sehingga pelanggan tidak dapat dilihat dari luar.

Sahar, seorang warga Kabul yang mengunjungi salon setiap beberapa minggu untuk menata rambut dan kukunya, mengatakan dia merasa bahwa jalan terakhir untuk bersosialisasi dengan aman di luar kini telah terputus.

VIVA Militer: Pasukan Taliban Afghanistan

Photo :
  • vox.com

"Sekarang saya tidak tahu bagaimana bertemu teman-teman saya, bagaimana melihat mereka, bagaimana berbicara satu sama lain. Saya pikir itu akan sangat berdampak bagi kami dan wanita di sekitar Afghanistan,” katanya. 

Pemerintah Barat dan organisasi internasional telah memberi isyarat bahwa pembatasan terhadap perempuan menghambat setiap kemungkinan kemajuan pengakuan internasional untuk pemerintahan Taliban. Pemerintah mengatakan menghormati hak-hak perempuan sesuai dengan interpretasi hukum Islam dan kebiasaan Afghanistan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya