Militer Israel Akhiri Penyerbuan dan Tarik Pasukan dari Jenin

Tentara Israel di perbatasan Gaza.
Sumber :
  • AP Photo/Tsafrir Abayov.

Jenin – Militer Israel, pada Rabu 5 Juli 2023, mengumumkan akhir penyerbuan dan menarik seluruh tentaranya dari kamp pengungsi Jenin di wilayah pendudukan di Tepi Barat.

Dalam sebuah pernyataan untuk radio Israel, juru bicara militer Daniel Hagari mengatakan, "Semua pasukan (Israel) telah meninggalkan Jenin." Ia menambahkan bahwa "tujuan penyerbuan telah tercapai."

Ia juga mengemukakan bahwa militer Israel telah menangkap lebih dari 300 orang di Jenin, seraya menambahkan bahwa "non-kombatan" telah terbunuh selama serangan itu.

Singgung Genozida di Gaza, Presiden Kolombia Desak ICC Tangkap Netanyahu

Operasi Militer Israel Besar-Besaran di Jenin, Palestina

Photo :
  • AP Video


Sementara itu, seorang wartawan Anadolu mengkonfirmasi penarikan Israel dari Jenin setelah penyerbuan selama 48 jam. Ia juga mengatakan kehidupan sehari-hari mulai kembali normal secara bertahap di kamp pengungsi dengan kembalinya para penghuni yang mengungsi selama serangan Israel terjadi.

Pada Senin (3/7), militer Israel memulai serangan besar-besaran di kamp pengungsi Jenin dengan melibatkan serangan udara.

Serangan Israel tersebut menyebabkan 12 warga Palestina tewas di Jenin, dan lebih dari 100 orang terluka selama penghancuran massal yang dilakukan di seluruh kamp pengungsi, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Serangan Israel tersebut memicu gelombang kecaman luas dari sejumlah negara seperti Turki, Yordania, Mesir, Indonesia dan lainnya. (Ant/Antara)

Miskin Siasat Perang, Netanyahu Dikritik Panglima Perang Israel
Warga Palestina mengungsi di Rafah akibat pemboman Israel di Jalur Gaza

300 Ribu Warga Palestina Tinggalkan Kota Rafah Setelah Dibombardir Israel

Israel mengatakan pihaknya akan melanjutkan operasi yang direncanakan di Rafah meskipun AS dan sekutu lainnya memperingatkan serangan darat dapat menyebabkan korban sipil

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024