Putra Mahkota Arab Saudi Ancam Sanksi UEA, Ternyata Ini Alasannya

Putera Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman
Sumber :
  • Middle East Eye

Riyadh – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) secara pribadi mengancam dia akan menjatuhkan sanksi terhadap Uni Emirat Arab (UEA).

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Wall Street Journal (WSJ) melaporkan, MBS mengatakan kepada wartawan dalam pengarahan off-the-record pada Desember bahwa dia telah mengirimkan daftar tuntutan kepada UEA.

Bendera Arab Saudi.

Photo :
  • Ist
Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

MBS memperingatkan UEA bahwa dia akan memberlakukan tindakan jika terus menyaingi posisi kebijakan utama Saudi di wilayah tersebut dan di Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC+).

"Ini akan lebih buruk daripada apa yang saya lakukan dengan Qatar," tegas Putra Mahkota, merujuk pada embargo 2017 terhadap Qatar yang dipimpin Riyadh, bersama dengan negara-negara Teluk lainnya seperti UEA dan Bahrain.

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

Embargo pada Qatar baru dicabut pada 2021. MBS dilaporkan mengatakan kepada wartawan Saudi bahwa UEA telah "menikam kami dari belakang", memperingatkan Abu Dhabi "akan melihat apa yang bisa saya lakukan."

Putra Mahkota Arab Saudi dan Mohammed bin Zayed dari UEA telah lama dilaporkan bersaing satu sama lain dalam hal tujuan kebijakan luar negeri di wilayah tersebut, terutama di Yaman.

Keduanya telah mengambil tindakan militer terhadap pemberontak Houthi tetapi, pada saat yang sama, bersaing memperebutkan kepemimpinan. Riyadh dan Abu Dhabi juga memiliki perbedaan mereka dalam OPEC+, di mana keduanya adalah anggota tetapi Arab Saudi mengambil peran utama.

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Photo :
  • Istimewa

Kembali pada Oktober tahun lalu, UEA menuduh Saudi memaksanya menyetujui pengurangan produksi minyak pada pertemuan OPEC besar, yang menyebabkan Emirat mengancam untuk menarik diri dari organisasi tersebut.

Terlepas dari ancaman dari kedua belah pihak, kedua negara dan sekutu telah berhasil mencegah perselisihan mereka meningkat dan sebagian besar menjaganya agar tidak bocor ke pers atau lingkaran diplomatik.

Namun, menurut WSJ, mengutip sumber anonimnya, ketegangan terus berlanjut sedemikian rupa sehingga MBS dan Mohammed bin Zayed tidak berbicara selama lebih dari enam bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya