2 Anggota Parlemen Singapura Mengundurkan Diri Setelah Video Perselingkuhannya Viral

Anggota Parlemen Singapura Leon Perera dan Nicole Seah
Sumber :
  • The Star

Singapura – Anggota parlemen Partai Buruh (WP) Singapura Leon Perera dan pemimpin senior Nicole Seah telah mengundurkan diri dari partainya setelah awalnya berbohong tentang perselingkuhan mereka, yang mana akhirnya video skandal mereka tersebar ke seluruh negara.

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

Membuat pengumuman pada konferensi media pada hari Rabu, kepala WP Pritam Singh mengatakan bahwa sekitar akhir 2020 dan awal 2021, dia diberitahu oleh supir Perera melalui WhatsApp bahwa Perera dan Seah sangat sering bertemu di restoran dan hotel, dan telah terlihat saling berpelukan dan dengan mesra bergandengan tangan, menurut laporan The Straits Times.

Baik Perera dan Seah sudah menikah, dan mereka awalnya membantah tuduhan tersebut. "Tidak ada bukti atau informasi yang menguatkan untuk mendukung tuduhan itu," kata Singh, menambahkan bahwa dia bertanya kepada Perera apakah ada sesuatu yang terjadi antara dia dan Seah.

AHY Ungkap Pembagian Jatah Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Sudah Dibahas

Kepala WP Pritam Singh

Photo :
  • Must Share

Perera mengatakan kemudian dia dalam perselisihan yang sedang berlangsung dengan sopirnya dan akan menghentikan layanannya. Dia juga mengatakan telah meminta nasihat hukum atas tuduhan sopirnya tersebut, kata Singh.

Surya Paloh Tak Masalah Nasdem di Luar Pemerintahan

Selanjutnya selama beberapa bulan berikutnya, sopir Perera juga mendekati anggota WP lainnya dengan informasi yang sama, yang semuanya berusaha memverifikasi tuduhan tersebut dengan Perera. Perera juga mengatakan kepada mereka bahwa tuduhan itu tidak benar.

Secara terpisah, anggota komite eksekutif pusat (CEC) lainnya mendekati Seah, setelah diberitahu tentang tuduhan yang sama. Seah menjawab bahwa tuduhan itu tidak benar.

Ketika video keduanya berbagi momen intim muncul pada hari Senin, itu adalah pertama kalinya anggota partai melihatnya, kata Singh. Dia segera menghubungi Perera dan mengatur untuk bertemu dengannya di sore hari. Dia juga mengatur untuk bertemu dengan Seah secara terpisah.

Keduanya mengaku menjalin asmara, yang dimulai setelah pemilihan umum 2020. Tapi sudah berhenti beberapa waktu lalu, kata Singh.

Dalam pertemuannya dengan Singh, Perera mengakui bahwa dia seharusnya lebih terbuka ketika Singh dan anggota partai lainnya pertama kali mendekatinya tentang tuduhan yang dibuat oleh sopirnya.

Partai tersebut menerima surat pengunduran diri Seah pada hari Selasa. Setelah itu, Perera mengundurkan diri pada hari Rabu, dan juga telah memberitahu Penjabat Ketua Parlemen. “Konstitusi Partai Buruh mewajibkan kandidat untuk jujur ??dan terus terang dalam berurusan dengan partai dan rakyat Singapura,” kata Singh.

“Perilaku Leon yang tidak jujur ??ketika ditanya oleh pimpinan partai tentang tuduhan tersebut tidak memenuhi standar yang diharapkan dari anggota parlemen WP. Ini tidak bisa diterima. Seandainya dia tidak mengajukan pengunduran dirinya, saya akan merekomendasikan kepada CEC agar dia dikeluarkan dari partai,” lanjutnya.

Pada hari Senin, WP mengatakan sedang melihat klip video yang beredar online yang menyarankan “pertukaran yang tidak pantas antara dua anggota senior partai”.

Tampaknya menunjukkan Perera berbagi momen intim dengan Seah. Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan Perera membelai tangan seorang wanita yang mirip Ms Seah, saat keduanya minum anggur di sebuah restoran.

Baik Perera dan Seah berada di CEC yang beranggotakan 15 orang WP yang mana adalah badan pembuat keputusan teratasnya.

Perera adalah anggota parlemen untuk divisi Serangoon Aljunied GRC dan memimpin tim media partai. Pria berusia 53 tahun itu mencalonkan diri sebagai calon WP untuk GRC Pantai Timur pada Pemilihan Umum 2015 dan merupakan MP Non-Konstituensi hingga 2020.

Sebelum bergabung dengan politik, dia adalah seorang pegawai negeri, dan kemudian menjadi salah satu pendiri dan kepala eksekutif sebuah lembaga penelitian dan konsultasi bisnis. Dia memiliki dua anak.

Seah yang berusia 33 adalah presiden Sayap Pemuda WP, dan merupakan salah satu kandidat partai dalam tim yang memperebutkan GRC Pantai Timur dalam Pemilihan Umum 2020. Mereka kalah tipis dari tim PAP yang dipimpin Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat.

Anggota Parlemen Singapura Leon Perera dan Nicole Seah

Photo :
  • The Star

Dia masuk politik dengan Partai Solidaritas Nasional dalam Pemilihan Umum 2011, di mana dia adalah kandidat perempuan termuda. Dia menikah pada 2015, dan melahirkan anak keduanya pada April 2022.

Pengunduran diri Perera dan Seah terjadi dua hari setelah mantan Ketua Parlemen dan Anggota Parlemen GRC Parade Laut Tan Chuan-Jin dan mantan anggota parlemen GRC Tampines Cheng Li Hui mengundurkan diri dari Partai Aksi Rakyat karena perselingkuhan mereka sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya