Ngeri, Puluhan Drone Ukraina Serang Wilayah Krimea dan Moskow Dalam Sehari

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov
Sumber :
  • Tass

Moskow – Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pada 24 Juli 2023 bahwa dua pesawat nirawak Ukraina mencoba menyerang fasilitas di Moskow. Namun, semuanya berhasil ditangkal oleh sistem peperangan elektronik Rusia dan terjatuh. Meski tidak ada korban jiwa atau kerusakan besar, tetapi dua bangunan non-perumahan rusak. 

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

"Pada 24 Juli, satu pesawat nirawak jenis helikopter tanpa peledak jatuh di wilayah pemakaman pusat Distrik Zelenograd, Moskow," kata Kemenhan Rusia dalam pernyataannya melalui Telegram, Selasa, 25 Juli 2023. 

"Pada Senin malam, berhasil dihentikan upaya rezim Kiev untuk menyerang fasilitas di Krimea dengan 17 drone. 14 drone berhasil ditangkal dengan sistem peperangan elektronik, 11 di antaranya jatuh di perairan Laut Hitam serta tiga lainnya jatuh di wilayah semenanjung," lanjutnya. 

Menlu Ukraina sebut Putin ‘Hewan Politik’ yang Bisa Merasakan Rasa Takut

VIVA Militer: Drone Ukraina ditembak jatuh sistem pertahanan udara Rusia

Photo :
  • alarabiya.net

Rusia mengklaim bahwa Tiga drone telah dihancurkan oleh pasukan pertahanan udara Moskow, dan tidak ada korban jiwa. Menurut Kepala Republik Krimea, Sergey Aksenov, sebuah gudang amunisi di distrik Dzhankoy juga diserang. 

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

"Pecahan drone nirawak merusak sebuah rumah pribadi di distrik Kirovsky," bunyi pernyataan itu. 

Dalam serangan itu, Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mikhail Fedorov, secara terbuka mengkonfirmasi keterlibatan pihaknya dalam serangan tersebut, dan menyatakan bahwa Kiev akan melanjutkan serangan-serangan itu dan jumlahnya akan meningkat. 

"Kepemimpinan militer dan politik Ukraina kembali menggunakan cara-cara teroris untuk mengintimidasi penduduk sipil. Kami mengutuk keras kejahatan baru rezim Kiev ini, dan kami mendesak organisasi-organisasi internasional untuk memberikan penilaian yang tepat." 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kantor berita Rusia melaporkan bahwa puing-puing drone juga ditemukan di sepanjang Komsomolsky Avenue di kota itu. Departemen transportasi Moskow menulis di Telegram bahwa lalu lintas di sepanjang rute itu diblokir. 

Lalu lintas juga dihentikan di Likhachev Avenue, tempat gedung perkantoran bertingkat tinggi rusak. Rekaman yang dipublikasikan di saluran TV militer Zvezda menunjukkan jendela rusak di bagian atas gedung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya