Jet Tempur Arab Saudi Jatuh, Awak Pesawat Dinyatakan Tewas

VIVA Militer: Jet tempur McDonnell Douglas F-15 Eagle
Sumber :
  • airspace-review.com

Riyadh – Sebuah jet tempur Arab Saudi (F-15SA) jatuh selama misi pelatihan di Khamis Mushait. Insiden itu menyebabkan awak pesawat tewas seketika, menurut kantor berita Kerajaan Arab Saudi, pada Rabu, 26 Juli 2023. 

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Juru bicara resmi Kementerian Pertahanan, Brigadir Jenderal Turki Al-Maliki, menyatakan bahwa pada Rabu malam, salah satu pesawat tempur tipe (F) Royal Saudi Air Force jatuh saat misi pelatihan di area pelatihan Pangkalan Udara Raja Khalid di Khamis Mushait. 

"Salah satu pesawat tempur Angkatan Udara Kerajaan Saudi jenis (F-15SA) jatuh selama misi pelatihan di area pelatihan Pangkalan Udara Raja Khalid di Khamis Mushait pada Rabu malam,” kata juru bicara kementerian pertahanan, Brigadir Jenderal Turki Al Maliki dalam sebuah pernyataan.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Ilustrasi serangan terhadap jet tempur siluman.

Photo :
  • YouTube

Dilansir dari Arab News, Kamis, 27 Juli 2023, berapa jumlah anggota awak yang tewas belum jelas. Kemenhan Arab Saudi juga menambahkan bahwa kecelakaan itu sedang diselidiki. 

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Brigadir Jenderal Al-Maliki menyampaikan belasungkawa kepada keluarga awak jet itu, dan meminta Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menerima mereka sebagai martir yang saleh dan memberikan kesabaran serta penghiburan kepada keluarga dan kerabat mereka. 

Sebagai informasi, F-15SA adalah jet tempur dua kursi. Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi menerbangkan puluhan jet tempur McDonnell Douglas dalam armadanya. 

Selain itu, sebelumnya, Pada bulan November, jet tempur F-15S tersebut juga terjatuh karena kerusakan teknis selama misi pelatihan rutin. Awak pesawat yang terdiri dari dua petugas selamat dari kecelakaan tersebut dengan menggunakan kursi ejector mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya