Singapura Eksekusi Mati Seorang Wanita karena Narkoba, Pertama Kalinya dalam 20 Tahun

Ilustrasi hukuman mati
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/Ginkolac/aa

Singapura – Singapura,  pada Jumat 28 Juli 2023, mengeksekusi seorang wanita untuk pertama kalinya dalam hampir 20 tahun, kata para pejabat.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Saridewi Djamani (45) warga negara Singapura, dinyatakan bersalah karena memperdagangkan 30 gram heroin pada tahun 2018. Dia adalah terpidana narkoba kedua yang akan dieksekusi minggu ini, setelah sesama warga Singapura Mohd Aziz bin Hussain dieksekusi, dan yang ke-15 sejak Maret 2022.

Singapura memiliki beberapa undang-undang anti-narkoba terberat di dunia, yang katanya diperlukan untuk melindungi masyarakat. Undang-undang Singapura menetapkan bahwa hukuman mati akan dikenakan pada siapa pun yang tertangkap memperdagangkan lebih dari 500 gram ganja atau 15 gram heroin.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Ilustrasi narkoba

Photo :
  • dok. Pixabay

Melansir BBC Internasional, Biro Narkotika Pusat Singapura (CNB) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Saridewi, yang dijatuhi hukuman mati pada 6 Juli 2018, diberikan "proses hukum penuh" berdasarkan hukum.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Pengadilan tertinggi kota itu telah menolak banding atas hukumannya pada 6 Oktober tahun lalu. Petisi untuk pengampunan presiden juga tidak berhasil, kata pihak berwenang.

Eksekusinya dilakukan hanya dua hari setelah Aziz digantung pada hari Rabu, sebagai hukumannya atas penyelundupan 50 gram heroin pada tahun 2017.

Pada bulan April, warga Singapura lainnya, Tangaraju Suppiah, dieksekusi karena memperdagangkan 1 kg ganja yang tidak pernah dia sentuh. Pihak berwenang mengatakan dia mengoordinasikan penjualan melalui ponsel.

Miliarder Inggris, Sir Richard Branson, sekali lagi mengkritik Singapura atas eksekusinya, dengan mengatakan bahwa hukuman mati bukanlah pencegahan terhadap kejahatan.

"Pengedar narkoba skala kecil membutuhkan bantuan, karena sebagian besar diintimidasi karena keadaan mereka," kata Branson di Twitter pada hari Kamis.

Saridewi adalah salah satu dari dua perempuan terpidana mati di Singapura, menurut Transformative Justice Collective, sebuah kelompok hak asasi manusia yang berbasis di Singapura. Dia adalah wanita pertama yang dieksekusi oleh negara kota itu sejak penata rambut Yen May Woen pada 2004. Yen juga dihukum karena perdagangan narkoba.

Media lokal melaporkan bahwa Saridewi bersaksi selama persidangan bahwa dia menimbun heroin untuk penggunaan pribadi selama bulan puasa. Meskipun dia tidak menyangkal menjual narkoba seperti heroin dan methamphetamine dari flatnya, dia mengecilkan skala kegiatan tersebut, kata hakim See Kee Oon.

Pihak berwenang berpendapat bahwa undang-undang narkoba yang ketat membantu menjaga Singapura sebagai salah satu tempat teraman di dunia, dan bahwa hukuman mati untuk pelanggaran narkoba mendapatkan dukungan publik yang luas. Tapi pendukung anti-hukuman mati menentang ini.

"Tidak ada bukti bahwa hukuman mati memiliki efek jera yang unik atau berdampak pada penggunaan dan ketersediaan narkoba," kata Chiara Sangiorgio dari Amnesty International dalam sebuah pernyataan.

"Satu-satunya pesan yang dikirim oleh eksekusi ini adalah bahwa pemerintah Singapura bersedia untuk sekali lagi menentang pengamanan internasional atas penggunaan hukuman mati," katanya.

Amnesty International mencatat bahwa selain China, Iran dan Arab Saudi, Singapura adalah satu dari hanya empat negara yang baru-baru ini melakukan eksekusi terkait narkoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya