Korsel Panggil Diplomat Jepang Terkait Klaim Pulau Dokdo

Sekelompok pulau vulkanik terpencil yang dikenal oleh Seoul dan Pyongyang sebagai Dokdo dan oleh Tokyo sebagai Takeshima.
Sumber :
  • Antara Photo.

Seoul – Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, pada Jumat 27 Juli 2023,  memanggil diplomat Jepang guna memprotes klaim Jepang atas Pulau Dokdo di Laut Timur yang tercantum dalam sebuah laporan resmi pertahanan tahunan yang dikeluarkan pada hari yang sama.

Seo Min-jeong, direktur jenderal urusan Asia Pasifik pada kementerian luar negeri Korea Selatan, memanggil Mondo Yamamoto, wakil kepala  Kedutaan Besar Jepang di Seoul, untuk mengajukan protes setelah Tokyo mengadopsi laporan resmi pertahanan terbarunya pada Jumat.

Dalam laporan itu, Tokyo memperbarui klaim kedaulatannya atas Dokdo selama 19 tahun berturut-turut. Yamamoto enggan menanggapi pertanyaan wartawan saat memasuki gedung kementerian luar negeri di pusat kota Seoul.

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Bendera Korea Selatan dan Jepang.

Photo :
  • Istimewa.


Dokdo sejak lama menjadi sumber ketegangan antara kedua negara bertetangga itu setelah Jepang terus menyampaikan klaim kedaulatan dalam laporan-laporan resmi pemerintah, pernyataan publik dan buku pelajaran sekolah.

Korea Selatan efektif menguasai Dokdo, dengan satu detasemen polisi kecil, sejak dibebaskan dari  penjajahan Jepang pada 1910-1945. (Ant/Antara)

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem
Coway

Kantongi Sertifikat Halal BPJPH, Coway Genjot Inovasi Produk

Perusahaan pemurni air dan udara asal Korea Selatan, Coway, mengumumkan bahwa telah resmi mengantongi sertifikat halal dari Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH).

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024