Intelijen AS Sebut Sebuah Ledakan Disengaja Penyebab Jatuhnya Pesawat Bos Wagner

VIVA Militer: Bos tentara bayaran PMC Wagner Group Rusia, Yevgeny Prigozhin
Sumber :
  • nbcnews.com

Washington – Penilaian awal intelijen Amerika Serikat (AS) menyimpulkan bahwa sebuah ledakan yang disengaja menyebabkan kecelakaan pesawat yang menewaskan pemimpin tentara bayaran Wagner pada Kamis 24 Agustus 2023. Salah satu pejabat AS dan Barat, mengatakan bahwa pihaknya meyakini bahwa Yevgeny Prigozhin “sangat mungkin” menjadi target pembunuhan. Beberapa letnan Prigozhin juga diduga tewas

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Para pejabat tersebut, yang tidak bersedia disebutkan namanya karena tidak berwenang memberikan komentar, tidak memberikan rincian apa pun tentang penyebab ledakan tersebut. Namun, terbunuhnya Prigozhin diyakini secara luas sebagai pembalasan atas pemberontakan pada bulan Juni yang merupakan perlawanan terbesar bagi Putin yang telah memerintah Rusia selama 23 tahun. Kecelakaan pesawat tersebut juga diyakini sebagai upaya Putin dalam mencoba membungkam para pengkritiknya.

Juru bicara Pentagon, Jenderal Pat Ryder, mengatakan pemberitaan pers bahwa rudal permukaan-ke-udara menjatuhkan pesawat itu tidak akurat. Dia menolak mengatakan apakah AS mencurigai adanya bom atau meyakini kecelakaan itu adalah tindakan pembunuhan.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

VIVA Militer: Jet pribadi bos tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin jatuh

Photo :
  • theguardian.com

Melansir AP, sejumlah sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada media Rusia, bahwa mereka yakin pesawat itu ditembak jatuh oleh satu atau lebih tembakan rudal dari permukaan ke udara, dan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi dalang atas insiden itu.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Otoritas penerbangan sipil Rusia melaporkan pesawat jet yang membawa pendiri perusahaan militer Wagner dan enam penumpang lainnya jatuh pada Rabu malam setelah lepas landas dari Moskow. Tim penyelamat menemukan 10 mayat, dan media Rusia mengutip sumber anonim di Wagner yang mengatakan Prigozhin telah tewas. 

Nama Prigozhin menjadi salah satu dari 10 orang penumpang yang menaiki pesawat bisnis Embarer nahas itu juga dikonfirmasi oleh otoritas penerbangan Rusia, Rosaviatsia.

Presiden AS, Joe Biden, ketika berbicara kepada wartawan pada hari Rabu, mengatakan dia yakin Putin berada di balik kecelakaan itu, meskipun dia mengakui bahwa dia tidak memiliki informasi yang memverifikasi keyakinannya.

“Saya tidak tahu pasti apa yang terjadi, tapi saya tidak terkejut. Tidak banyak hal yang terjadi di Rusia yang tidak diikuti oleh Putin,” kata Biden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya