Korea Utara Tembak 2 Rudal ke Laut Jepang, Hal Ini Jadi Penyebabnya

VIVA Militer: Kim Jong-un menyaksikan uji coba rudal balistik Korea Utara
Sumber :
  • laprensalatina.com

Pyongyang – Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal balistik jarak pendek, ke Laut Jepang atau Laut Timur. Negeri Kim Jong mengatakan ini bagian dari "latihan serangan nuklir taktis" yang dipicu latihan militer Amerika Serikat (AS) dan Korsel.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Dilansir dari KCNA, Kamis, 31 Agustus 2023, Pyongyang menembakkan rudal-rudal pada Rabu tengah malam waktu setempat. Korut menyebut latihan serangan nuklir taktis menstimulasikan serangan "bumi hangus" dari pusat komando utamanya dan lapangan terbang operasional di seberang perbatasan Korea Selatan (Korsel).

VIVA Militer: Uji coba rudal balistik Korea Utara (Korut)

Photo :
  • scmp.com
Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

"Latihan ini bertujuan untuk mengirimkan pesan yang jelas kepada musuh," tegas militer dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media resmi Pyongyang Korean Central News Agency (KCNA).

Korut sediri sudah sejak Selasa mengadakan latihan militer tingkat komando sebagai tanggapan terhadap latihan AS-Korsel. Kim Jong Un juga dilaporkan KCNA, sempat mengunjungi pos komando pelatihan.

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

"Latihan ini bertujuan agar semua komandan dan staf bagian dari seluruh angkatan bersenjata melakukan persiapan penuh untuk perang," muat KCNA tentang pelatihan tersebut.

Sebelumnya, Rabu pagi, latihan militer AS dan Korsel juga melibatkan setidaknya satu pembom strategis B-1B AS yang terbang di atas Semenanjung Korea. Sebuah rancian mengatakan, inilah yang sangat menganggu Korut.

VIVA Militer: Kim Jong-un menyaksikan uji coba rudal balistik Korea Utara

Photo :
  • laprensalatina.com

Korut menyebut penerbangan tersebut sebagai "ancaman serius" dan "sesuai dengan skenario serangan nuklir preventif terhadap negerinya. Namun Washington, Seoul, termasuk Tokyo, memang meningkatkan kerja sama militer dalam beberapa bulan terakhir sebagai respons terhadap meningkatnya provokasi latihan tembak rudal oleh Korut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya