Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Diyakini Masih Hidup dan Rencanakan Balas Dendam

Memorial bos Wagner, Yevgeny Prigozhin
Sumber :
  • Sky News

Moskow – Seorang analis politik Rusia mengklaim bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin masih hidup dan menduga bahwa "rekannya" lah yang tewas dalam kecelakaan pesawat minggu lalu, dan bukan Prigozhin sendiri. 

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Dr Valery Solovey, mantan profesor di Institut Hubungan Internasional Moskow, mengklaim bahwa Prigozhin menipu upaya pembunuhan yang disetujui oleh Presiden Putin, dan kini merencanakan balas dendamnya. 

"Pertama, pesawat yang seharusnya diterbangkan Yevgeny Prigozhin ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Rusia,” kata Dr Solovey, melansir Daily Mail, Kamis 31 Agustus 2023.

Menlu Ukraina sebut Putin ‘Hewan Politik’ yang Bisa Merasakan Rasa Takut

VIVA Militer: Bos tentara bayaran PMC Wagner Group Rusia, Yevgeny Prigozhin

Photo :
  • telegraph.co.uk

“Tidak ada ledakan di kapal. Pesawat itu dijatuhkan dari luar,” lanjutnya. 

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

"Operasi rahasia untuk melakukan serangan ini dikembangkan di Dewan Keamanan (Rusia), dan disetujui secara pribadi oleh presiden Rusia,” klaimnya. 

“Prigozhin sendiri tidak ikut serta dalam pesawat itu. Tubuh penggantinya lah yang terbang dan bukan dia. Ngomong-ngomong, Vladimir Putin sangat menyadari hal itu.” 

Bos Wagner itu “masih hidup, sehat, dan bebas,” katanya, dan menegaskan bahwa Prigozhin kini sedang “bersiap untuk membalas dendam”.

“Dia bermaksud membalas dendam kepada orang-orang yang berniat menghancurkannya, dan menghancurkan orang-orang terdekatnya,” kata mantan profesor itu. 

Analis politik yang berbasis di Moskow juga mengklaim Prigozhin memiliki akses ke bitcoin senilai £1,6 miliar yang akan dia gunakan untuk membalas dendam.

Dr Solovey, yang telah lama mengaku mengetahui rahasia Kremlin dan sering mengklaim bahwa Putin sakit parah, dan juga menggunakan tubuh ganda untuk menutupi kondisinya, mengatakan dia akan mengungkapkan lokasi Prigozhin bulan depan. Namun bersikeras bahwa Wagner bukan di Afrika, di mana kelompok tentara swasta itu ditempatkan.

Dia mengklaim Prigozhin akan menunjukkan dirinya pada akhir tahun ini. Namun, tidak ada bukti yang diberikan untuk klaimnya. 

Klaim Dr Solovey ini menyusul konfirmasi Komite Investigasi Rusia bahwa Prigozhin meninggal dalam kecelakaan pesawat di dekat Moskow pekan lalu. Komite tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa setelah pengujian forensik, 10 jenazah yang ditemukan di lokasi kecelakaan telah diidentifikasi, dan identitas mereka “sesuai dengan manifes”. 

Otoritas penerbangan sipil Rusia pekan lalu mengatakan Prigozhin, bersama beberapa letnan utamanya, termasuk dalam daftar penumpang pesawat yang jatuh pada hari Rabu itu.

Jet pribadi Prigozhin jatuh di barat laut Moskow, menewaskan semua penumpangnya. Rekaman video menunjukkan puing-puing berjatuhan dari langit di atas Kuzhenkino di Rusia, dan gambar-gambar muncul dari reruntuhan tersebut. 

Tangan kanannya, Dmitry Utkin juga berada di dalam jet Embraer Legacy 600 tersebut, serta lima penumpang lainnya dan tiga awak pesawat.

VIVA Militer: Evakuasi korban pesawat yang ditumpangi Yevgeny Prigozhin

Photo :
  • dailymail.co.uk

Kematiannya terjadi tepat dua bulan setelah Prigozhin melancarkan pemberontakan bersenjata jangka pendek melawan kepemimpinan militer Rusia, yang merupakan tantangan terbesar bagi otoritas Presiden Putin dalam 23 tahun pemerintahannya. 

Kremlin membantah spekulasi bahwa merekalah penyebab kecelakaan itu, dan mengatakan “kesalahan yang disengaja” adalah salah satu kemungkinan penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya