Thaksin Shinawarta Diberi Keringanan Hukuman dari Raja Thailand

Thaksin SinawatraThe Strategic Review Forum
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Bangkok – Mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra, mendapat pengurangan masa hukuman penjara dari delapan tahun menjadi satu tahun oleh Raja Thailand, pada hari Jumat, 1 September 2023. Thaksin dijebloskan ke penjara beberapa hari setelah ia kembali dari 15 tahun pengasingan. 

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Langkah ini dilakukan sehari setelah pria 74 tahun itu mengajukan permohonan pengampunan kerajaan atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan jabatan saat dia masih berkuasa. 

Thaksin, yang dua kali terpilih sebagai PM Thailand, digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006, dan dijebloskan ke penjara pekan lalu, setelah kembali ke kerajaan untuk pertama kalinya sejak tahun 2008. 

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Thaksin Shinawatra Sorot

Photo :
  • dailymail

Pengampunan sebagian diberikan Raja Maha Vajiralongkorn dan dikonfirmasi oleh Royal Gazette resmi, dengan alasan bahwa pengurangan itu dilakukan atas pengabdiannya kepada negara sebagai perdana menteri.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

“Dia setia pada institusi monarki. Ketika diadili, dia menghormati sistem peradilan,” kata pernyataan itu, dikutip dari The Sundaily, Jumat, 1 September 2023. 

Raja juga menyebutkan bahwa Thaksin menderita banyak masalah kesehatan. 

“Yang Mulia Raja telah memberinya amnesti dan mengurangi hukuman terhadap Thaksin Shinawatra, sang tahanan, menjadi satu tahun penjara, sehingga dia dapat menggunakan keahlian dan pengalamannya untuk membangun negara lebih jauh.” 

Sebagai informasi, Thaksin kembali dari pengasingan, pada pekan lalu, bertepatan dengan kembalinya partai Pheu Thai ke pemerintahan yang beraliansi dengan partai-partai pro-militer. Hal ini membuat banyak orang menyimpulkan bahwa sebuah kesepakatan telah dicapai untuk mengurangi masa hukumannya. 

Mantan taipan telekomunikasi dan pemilik Manchester City itu adalah salah satu tokoh paling berpengaruh, namun memecah belah dalam sejarah modern Thailand. Dia dicintai oleh jutaan warga pedesaan Thailand karena kebijakan populisnya pada awal tahun 2000an, namun telah lama dicerca oleh kelompok royalis dan pro-militer di negara tersebut. 

Sebagian besar politik Thailand selama dua dekade terakhir diwarnai oleh upaya pemerintah untuk menjauhkan Thaksin dan sekutunya dari kekuasaan. Para pendukungnya jmemberinya sambutan bak pahlawan saat mendarat di Bangkok dan tindakan publik pertamanya adalah bersujud di depan potret raja di bandara. 

Beberapa jam kemudian, Srettha Thavisin dari Pheu Thai dikukuhkan sebagai perdana menteri. Ini merupakan perdana menteri pertama partai tersebut sejak saudara perempuan Thaksin, Yingluck, digulingkan dalam kudeta pada tahun 2014. 

Pada malam pertamanya di Thailand, Thaksin dipindahkan dari penjara ke rumah sakit polisi, dan petugas medis penjara mengatakan dia memerlukan pengawasan ketat untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah jantung.

Partai-partai yang terkait dengan Thaksin mendominasi setiap pemilu di Thailand sejak tahun 2001 hingga tahun ini, ketika Partai Maju Maju (MFP) yang progresif memenangkan kursi terbanyak. 

Namun, pemerintahan koalisi yang baru telah menutup akses terhadap MFP dan memasukkan partai-partai, yang terkait dengan jenderal-jenderal pembuat kudeta yang menggulingkan Thaksin dan Yingluck, sehingga memicu kemarahan banyak warga Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya