Myanmar Absen di KTT ASEAN, Moeldoko: Bukan Berarti Ada Perpecahan

Moeldoko Doorstop KTT ASEAN
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-43, digelar di Jakarta selama 3 hari. Pertemuan tersebut telah secara resmi dibuka hari ini, 5 September 2023, oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). 

Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna

Dalam pertemuan blok Asia Tenggara itu, para pemimpin ASEAN telah berdatangan sejak pukul 09.35 WIB, mereka juga telah melaksanakan Plenary Session, di Jakarta Convention Center (JCC). 

Di antara para delegasi yang hadir, perwakilan Myanmar tidak menghadiri pertemuan itu. Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko menyebut bahwa ketidakhadiran Myanmar tentu saja memiliki alasan.

Ada Aturan Baru, Bos BPJS Kesehatan Wanti-wanti RS Jangan Kurangi Tempat Tidur Rawat Inap

Jenderal Senior Min Aung Hlaing memimpin Peringatan Hari Kemerdekaan Myanmar ke-75.

Photo :
  • AP Photo/Aung Shine Oo.

"Nanti dari bu Menlu berikan penjelasan yang lebih konkret. Pasti ada alasannya," kata Moeldoko pada wartawan. 

Harga Pangan Dunia Naik, Jokowi Bersyukur RI Termasuk yang Masih Rendah

Dia juga menambahkan bahwa meski Myanmar absen dalam pertemuan, hal tersebut tidak akan menghalangi jalannya KTT ASEAN

"Enggak. Tetap berjalan. Seperti disampaikan Bapak Presiden, seberapa besar ASEAN ini bukan berarti itu bagian dari perpecahan. Perbedaan justru wajar dalam area demokrasi. Ini diharapkan ASEAN tetap bertumbuh sebagaimana mestinya," sambungnya. 

Sebagai informasi, 22 negara dan 9 organisasi dijadwalkan menghadiri pertemuan blok itu di Jakarta. Dari jumlah tersebut, Timor Leste merupakan bagian yang menghadiri KTT ASEAN. 

Sementara itu, negara di luar Asia Tenggara merupakan negara mitra yang terdiri dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Selandia Baru, China, Rusia, India, dan Australia. 

Tidak hanya pertemuan dari negara ASEAN dan negara Mitra, nantinya, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara seperti China, Jepang, Kanada, hingga Korsel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya