KTT ke-43 ASEAN: Jokowi Sambut Para Kepala Negara, PM Thailand Diwakilkan Permanent Secretary

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) didampingi sang istri, Iriana Jokowi menyambut para pemimpin negara ASEAN.
Sumber :
  • Sekretariat Presiden.

Jakarta – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) didampingi sang istri, Iriana Jokowi menyambut para pemimpin negara yang menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di JCC, Selasa, 5 September 2023. Para pemimpin negara ASEAN, kecuali Myanmar, dan negara mitra mulai berdatangan ke venue KTT ASEAN sejak pukul 09.30 WIB. 

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Para pemimpin negara itu turun dari mobil di halaman JCC Senayan, lalu disambut Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto. Para pemimpin itu kemudian diarahkan menuju lobi depan dan disambut langsung oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Jokowi kemudian bersalaman dengan para pemimpin lembaga tersebut. Selain itu, Jokowi dan para pemimpin itu melakukan sesi foto bersama. Pemimpin pertama yang disambut Presiden Jokowi yakni Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone. Setelah berjabat tangan dan melakukan foto bersama, Sonexay mengisi buku tamu. 

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) didampingi sang istri, Iriana Jokowi menyambut para pemimpin negara ASEAN.

Photo :
  • Sekretariat Presiden.

Selanjutnya Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri Kamboja Hun Manet. Karena pemerintahan baru belum dilantik, kepemimpinan Thailand pada KTT ASEAN ke-43 diwakili Permanent Secretary Kementerian Luar Negeri Thailand Sarun Charoensuwan. Ia disambut Presiden Jokowi setelah Hun Manet mengisi buku tamu.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Selanjutnya Jokowi menyambut kedatangan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. Secara berurutan, pemimpin ASEAN yang disambut Presiden Jokowi setelah Marcos adalah Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin, dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Pantauan awak media, Presiden Jokowi juga menyambut kehadiran Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown. Sebelumnya, Kepulauan Cook berpartisipasi dalam kapasitas sebagai ketua Pacific Island Forum (PIF). 

Sebagai informasi, total ada 22 negara yang hadir, ada 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste. Kemudian, ada sembilan negara mitra yang diundang di antaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

Dengan tambahan dua negara lagi yakni, Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cook Islands sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Indonesia juga mengundang organisasi internasional persatuan bangsa-bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF.

Tema Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 yakni "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Melalui tema tersebut, Indonesia ingin memastikan bahwa ASEAN tidak sebatas organisasi yang berperan bagi kawasan, tapi juga untuk dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya