Momen Para Pemimpin Negara G20 Kunjungi Tugu Peringatan Mahatma Gandhi di India

Momen Jokowi dan Para Pemimpin G20 Kunjungi Tugu Peringatan Mahatma Gandi
Sumber :
  • AP Photo

New Delhi – Para pemimpin negara kelompok-20 (G20), yang menghadiri KTT di New Delhi, India, pada hari Minggu, 10 September 2023, mengunjungi tugu peringatan yang didedikasikan untuk Mahatma Gandhi. Sosok Mahatma Gandi merupakan salah satu pemimpin perjuangan India untuk membebaskan diri dari pemerintahan kolonial.

Deretan negara Ini Ternyata Miliki Jumlah Janda Terbanyak di Dunia

"Perdana Menteri India, Narendra Modi mengalungkan syal di leher para kepala negara dan pemerintahan ketika mereka tiba di peringatan Raj Ghat, di Delhi pada hari terakhir KTT," menurut kantor berita Jerman.

Karangan bunga kemudian diletakkan dalam upacara di lokasi tersebut, tempat Gandhi dikremasi tak lama setelah pembunuhannya pada tahun 1948. Presiden AS Joe Biden, Kanselir Jerman Olaf Scholz dan para pemimpin dunia lainnya berhenti sejenak untuk mengheningkan cipta.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Para Pemimpin Dunia Kunjungi Tugu Peringatan Mahatma Gandi, di India

Photo :
  • AP Photo

Dilansir dari The Sundaily, Senin, 11 September 2023, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, yang mewakili Kremlin tanpa kehadiran Presiden Vladimir Putin, juga menghadiri acara tersebut. Namun, Lavrov meninggalkan pertemuan tahun lalu lebih awal.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Kunjungan ke tugu peringatan tersebut merupakan satu-satunya acara G20 selain pusat konferensi, di mana para pemimpin tampil bersama di depan kamera berita.

Gandhi, yang memimpin kampanye perlawanan damai terhadap pemerintahan Inggris yang berpuncak pada kemerdekaan pada tahun 1947, dihormati sebagai bapak bangsa India.

Dia dibunuh oleh seorang nasionalis Hindu radikal yang tidak memiliki visi yang sama tentang hidup berdampingan secara damai antara mayoritas Hindu dan minoritas di India, khususnya Muslim. Nasionalisme Hindu juga menjadi yang terdepan di bawah kepemimpinan Modi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya