7 Presiden yang Dituduh Paling Korupsi di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia

Slobodan Milosevic - Presiden Serbia/Yugoslavia (1989–2000)
Sumber :
  • Info Please

VIVA Dunia – Para pemimpin yang korupsi telah menjangkiti dunia sejak terbentuknya masyarakat yang terorganisir. Para pemimpin politik yang melakukan penyalahgunaan kekuasaan sering kali menggunakan mekanisme seperti penggelapan, pencucian uang, dan pemerasan. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Pemimpin yang korup adalah siapa pun yang mempunyai posisi berkuasa dalam pemerintahan yang menggunakan pengaruhnya untuk menguntungkan diri sendiri, para pengikutnya atau orang lain secara ilegal. 

Keuntungan ini dapat berupa uang, peningkatan pengaruh, atau bantuan politik. Contoh yang umum adalah penggelapan uang, dimana para pemimpin mengambil dana dari proyek atau skema publik dan menyalurkannya ke kantong mereka sendiri.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Korupsi tidak selalu berkaitan dengan uang, banyak negara dilanda korupsi politik yang berfokus pada kekuasaan dan pengaruh. Pemilu yang curang, yang hasilnya sudah ditentukan sebelumnya melalui penyuapan dan penipuan pemilih, serta kronisme adalah contoh bagaimana kekuasaan dapat disalahgunakan untuk menguntungkan sekelompok orang tertentu. 

Melansir International Transparancy atau Transparansi Internasional, yang mana adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengatasi dan mendokumentasikan korupsi di seluruh dunia, badan ini secara teratur melakukan penilaian terhadap negara-negara, tingkat korupsinya dan, pada tahun 2004, menerbitkan daftar pemimpin paling korup di dunia. 

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Daftar ini didasarkan pada jumlah individu yang melakukan penggelapan ketika memegang posisi kekuasaan di negaranya masing-masing.

Soeharto – Presiden Indonesia (1967-1998)

Soeharto

Photo :
  • Twitter @wank37

Dana yang diduga digelapkan: $25 miliar atau Rp 383 Triliun

Soeharto adalah presiden kedua Republik Indonesia dan menjabat selama 31 tahun dari tahun 1967 hingga 1998. Suharto mengawali karier di bidang militer, yang mana membuat dirinya menjadi pemimpin yang tegas. 

Hal ini berkembang dan membuat rezim Soeharto dikatakan lebih "otoriter" dibanding pendahulunya. 

Diperkirakan, ia mengakhiri pemerintahannya dengan kekayaan bersih pribadi sebesar $38 miliar. 

Menyusul kemerosotan ekonomi pada tahun 1997 yang membuat Indonesia merasakan krisis moneter (krismon) yang sulit untuk pulih, para politisi terkemuka mulai menyalahkan Suharto dan protes pun dimulai dengan besar-besaran, yang bahkan membuat para mahasiswa turun ke jalanan untum berdemonstrasi. 

Setelah meningkatnya tekanan dan desersi dari sekutu politiknya pada bulan Mei 1998, Soeharto mengundurkan diri dan diganti oleh B.J Habibie.

Dia telah diselidiki karena korupsi berkali-kali sejak pengunduran dirinya dan dituduh menggelapkan $571 juta dana pemerintah melalui berbagai yayasan amal pribadi. Tuntutan hukum lain di Indonesia berupaya memerintahkan Soeharto membayar kembali dana beasiswa sebesar $1,5 miliar yang diduga hilang selama masa jabatannya. 

Soeharto tidak pernah diadili, sebagian karena ia dianggap terlalu sakit dan telah berumur untuk diadili, namun juga karena ia masih dihormati oleh masyarakat Indonesia. 

Soeharto meninggal pada 27 Januari 2008 dan masih menjadi tokoh yang disegani hingga kini. Ia juga dikenal sebagai Bapak Pembangunan atas jasanya membangun banyak infrastruktur modern di Indonesia.

Ferdinand Marcos - Presiden Filipina (1972–1986)

Ferdinand Marcos - Presiden Filipina (1972–1986)

Photo :
  • Info Please

Dana yang diduga digelapkan: $7,5 miliar atau Rp 130 triliun

Ferdinand Marcos memasuki dunia politik pada akhir tahun 1940-an setelah Perang Dunia ke-2. Ia mencalonkan diri pada pemilu Filipina di tahun 1965 dan menang, sebagian karena klaimnya atas keberanian dan prestasinya selama perang. 

Selama masa jabatan keduanya pada tahun 1969-1972, Marcos menghadapi krisis utang akibat kebijakan belanja publik yang tinggi untuk proyek-proyek infrastruktur. Hal ini menimbulkan kepentingan sipil dan meningkatnya oposisi politik yang menyebabkan Marcos mengumumkan darurat militer, yang menempatkannya sebagai satu-satunya pemimpin negara.

Periode ini berlangsung hingga tahun 1986 ketika masa jabatannya sebagai pemimpin berakhir. Pada tahun 1986, Marcos terpaksa mengadakan pemilihan umum cepat karena meningkatnya ketidakpopuleran dan ancaman kudeta, yang berakhir dengan keragu-raguan yang rumit karena berbagai penghitungan suara menyatakan pemenang yang berbeda. 

Revolusi terjadi dan Marcos terpaksa mengungsi ke Hawaii. Marcos membawa serta uang tunai sekitar $717 juta, sejumlah peti benda fisik berharga, emas, dan slip deposito senilai total $124 juta. 

Semua ini dikumpulkan secara ilegal selama masa kekuasaannya. Secara keseluruhan, dia diperkirakan telah mencuri $5-$10 miliar dari Bank Sentral Filipina. Dia meninggal pada Januari 1995 tanpa diadili.

Viktor Yanukovych - Presiden/Perdana Menteri Ukraina (2002-2014)

Viktor Yanukovych - Presiden/Perdana Menteri Ukraina (2002-2014)

Photo :
  • Info Please

Dana yang diduga digelapkan: $5 miliar atau Rp 76 triliun

Viktor Yanukovych memegang berbagai posisi Perdana Menteri dan Presiden Ukraina dari tahun 2002 hingga 2014. 

Selama masa jabatannya, ia semakin bersimpati pada afiliasinya dengan Rusia dan mewakili kepentingan bisnis besar di Ukraina. Setelah parlemen Ukraina melakukan pemungutan suara untuk menandatangani dokumen yang bertujuan untuk lebih mengikat negaranya dengan UE, Yanukovych malah memutuskan untuk menolak pemungutan suara tersebut pada menit-menit terakhir di bawah tekanan dari Rusia. 

Hal ini membuat marah mayoritas penduduk Ukraina, yang sebagian besar merupakan pengaruh anti-Rusia, dan menyebabkan protes Euromaidan. Yanukovych melarikan diri ke Rusia dan mengasingkan diri. Pada tanggal 22 Februari 2014, parlemen Ukraina menyetujui pemakzulannya, sehingga aktivitas penggelapannya terungkap.

Di antara sejumlah tindakan korupsi, Yanukovych diketahui menggunakan $220 juta dana negara untuk mendirikan perusahaan komunikasi swasta, mencuri aset negara senilai $1,5 miliar termasuk properti, dan umumnya menggunakan dana publik untuk kesenangan pribadinya. 

Mobutu Sese Seko - Presiden Zaire, Afrika Selatan (1965–1997)

Mobutu Sese Seko - Presiden Zaire, Afrika Selatan (1965–1997)

Photo :
  • Info Please

Dana yang diduga digelapkan: $5 miliar atau Rp76 triliun

Mobutu Sese Seko adalah presiden Zaire, yang sekarang dikenal sebagai Republik Demokratik Kongo, dari tahun 1965 hingga 1997. 

Setelah memperoleh kemerdekaan dari Belgia pada tahun 1960, Zaire mengalami masa kekacauan politik di mana Seko menjadi Kepala Staf Angkatan Darat . Dengan dukungan AS, Seko menggulingkan pemimpin sayap kiri terpilih Patrice Lumumba dan mengangkat pemerintahan otokratisnya sendiri.

Dikenal karena belanjanya yang mewah di Paris, spekulasi mengenai korupsi yang dilakukannya tidak pernah jauh dari kebenaran. Perkiraan konservatif menyatakan bahwa Seko menggelapkan $5 miliar langsung dari dompet negara, menggunakan uang tersebut untuk mendanai gaya hidup mewah dan membeli hadiah untuk kroni-kroninya. 

Dia dianggap sebagai salah satu pemimpin dunia terkaya sepanjang masa dan akhirnya digulingkan melalui kudeta militer pada tahun 1997. Dia meninggal beberapa bulan kemudian karena kanker prostat tanpa diadili. 

Sani Abacha - Presiden Nigeria (1993–1998)

Dana yang Digelapkan: $2-$5 miliar atau Rp30 hingga Rp76 triliun rupiah

Seperti kebanyakan orang dalam daftar ini, Sani Abacha memulai karirnya sebagai perwira militer dan menjadi pemimpin Nigeria setelah merebut kekuasaan pada tahun 1993 setelah kudeta. 

Dia memerintah untuk jangka waktu yang lebih singkat dibandingkan yang lain karena kematiannya pada tahun 1998, mengawasi penguatan ekonomi Nigeria tetapi menggunakan pendekatan disiplin yang keras.

Karena pertumbuhan ekonomi Nigeria yang belum pernah terjadi sebelumnya, jumlah uang yang mengalir ke negara tersebut meningkat secara dramatis. Ini memberikan kesempatan bagi Abacha yang tidak bisa dia tolak. Dengan membuat permintaan pendanaan palsu dari pemerintah, Abacha secara langsung mencuri uang yang dikirim dari bank sentral Nigeria, mencucinya di luar negeri, dan menyimpannya di rekening bank luar negeri.

Perkiraannya bervariasi tetapi di Jersey, AS saja, mereka menemukan rekening berisi $267 juta yang terhubung dengan Abacha. 

Najib Razak - Perdana Menteri Malaysia (2009-2018)

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak

Photo :
  • YouTube/ Worldofbuzz

Dana yang Digelapkan: $4,5 miliar Rp69 triliun rupiah

Najib Razak telah menjadi politisi di Malaysia selama beberapa dekade sebelum ia terpilih menjadi perdana menteri pada tahun 2009. Selama masa kekuasaannya, ia membuka negara tersebut bagi lebih banyak investasi asing dan menerapkan strategi untuk memenjarakan lawan-lawan politiknya.

Karena hubungannya dengan perusahaan investasi 1Malaysia Development Berhad, yang dituduh menggelapkan uang dari dana kekayaan negara Malaysia, Razak mulai mendapat kritik yang meningkat pada tahun 2013. Setelah kalah dalam pemilihan umum pada tahun 2018, ia ditangkap oleh penyelidik antikorupsi Malaysia. 

Secara keseluruhan, Razak dinyatakan bersalah karena menggelapkan $1 miliar dari dana kekayaan Malaysia dengan perkiraan aset yang lebih besar. Dia dipenjara pada tahun 2022 selama 12 tahun dan denda $45 juta. 

Slobodan Milosevic - Presiden Serbia/Yugoslavia (1989–2000)

Slobodan Milosevic - Presiden Serbia/Yugoslavia (1989–2000)

Photo :
  • Info Please

Dana yang diduga digelapkan: $1 miliar atau Rp15 Triliun

Milosevic adalah tokoh kunci selama pecahnya Yugoslavia yang berdarah. Pertama kali berkuasa sebagai presiden Serbia pada tahun 1989, Milosevic menjadi presiden Republik Federal Yugoslavia pada tahun 1997. 

Politik Yugoslavia dulu dan sekarang sangat kompleks dengan banyak kelompok etnis yang terlibat konflik satu sama lain. Milosevic mendukung etnis Serbia dan membantu negosiasi untuk mengakhiri Perang Bosnia pada tahun 1995. 

Dia diadili atas kejahatan perang oleh PBB saat masih berkuasa pada tahun 1999, dan akhirnya kehilangan kekuasaan pada pemilu tahun 2000. Dia ditangkap segera setelah itu oleh otoritas Yugoslavia atas tuduhan korupsi dan penggelapan dengan persidangan yang berlangsung selama lima tahun. Dia meninggal di penjara pada tahun 2006.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya