Penjelajah Gua AS Diselamatkan Setelah Terjebak 1.000 Meter di Bawah Tanah Turki

Penjelajah gua AS Mark Dickey dibawa menggunakan tandu keluar dari gua Morca.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Umit Bektas/Spt.

Turki – Seorang penjelajah gua dari Amerika Serikat yang terperangkap lebih dari 1.000 meter di bawah tanah di Turki selatan setelah jatuh sakit, berhasil diselamatkan pada Selasa pagi, 12 September 2023, kata federasi penjelajah gua TUMAF Turki. Evakuasi penjelajah gua itu berhasil dilakukan setelah operasi penyelamatan tim internasional selama berhari-hari.

Penjelajah bernama Mark Dickey (40) itu sedang melakukan misi eksplorasi internasional di gua Morca di pegunungan Taurus di provinsi Mersin, ketika dia dilaporkan mulai menderita pendarahan gastrointestinal pada kedalaman 1.040 meter.

"Dickey dikeluarkan dari pintu keluar terakhir gua. Dengan demikian, bagian operasi penyelamatan gua telah berakhir dengan sukses. Kami mengucapkan selamat kepada semua pihak yang telah berkontribusi!" tulis TUMAF di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Tim penyelamat Italia mengatakan Dickey dibawa ke tenda medis di kamp untuk pemeriksaan. Lebih dari 150 penyelamat dari Turki, Kroasia, Italia dan negara-negara lain bekerja selama sembilan hari untuk menyelamatkannya dari gua terdalam ketiga di negara itu.

Cuplikan rekaman dari tahap operasi sebelumnya menunjukkan Dickey terbaring di dalam gua dan menerima perawatan dari tim medis. Rekaman tersebut juga menunjukkan tim lain bergerak menuruni gua dengan tali dan melewati lorong sempit. (Ant/Antara)

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental
Teras by Plataran di Summarecon Bogor

Bernuansa Suasana Pegunungan, Lifestyle Bistro Teras by Plataran Hadir di Summarecon Bogor

Teras by Plataran merupakan lifestyle bistro sebagai community hub atau meeting point bagi komunitas dan social activation di kawasan Summarecon Bogor dan sekitarnya.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024