IMF Hingga Bank Dunia Akan Adakan Pertemuan Tahunan di Maroko Meski Dilanda Gempa

Ilustrasi IMF.
Sumber :
  • ANTARA

Maroko – Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia telah memutuskan untuk mengadakan pertemuan tahunan mereka di Maroko pada bulan Oktober, meskipun telah terjadi gempa bumi baru-baru ini yang menewaskan lebih dari 2.900 orang.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Keputusan tersebut, yang dibuat pada Senin, 18 September 2023, oleh pejabat senior IMF dan Bank Dunia, diambil atas permintaan otoritas Maroko.

Otoritas itu telah menekan lembaga-lembaga global untuk melanjutkan pertemuan pada 9-15 Oktober di Marrakesh, hanya 72 km dari lokasi gempa berkekuatan 6,8 skala Richter.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Gempa Maroko

Photo :
  • CNN International

Dilansir dari The Sundaily, Rabu, 20 September 2023, sejauh ini belum ada komentar dari IMF, Bank Dunia atau kedutaan Maroko.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva mengatakan, pada Jumat, 15 September 2023, bahwa keputusan akan diambil pada hari Senin setelah peninjauan menyeluruh terhadap kemampuan negara tersebut untuk menjadi tuan rumah pertemuan itu.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah gempa di Pegunungan Atlas Tinggi akan mengganggu rencana pertemuan di pusat wisata Marrakesh, Maroko, yang diperkirakan akan mendatangkan sekitar 10.000-15.000 orang ke kota tersebut.

Georgieva juga mengatakan bahwa perdana menteri Maroko mengatakan bahwa akan sangat merugikan sektor perhotelan Maroko jika pertemuan dipindahkan ke lokasi lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya