Israel Kirim Pesan Damai di HUT Arab Saudi, Hubungan Makin Erat

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman
Sumber :
  • www.aljazeera.com

Tel Aviv – Hubungan Arab Saudi dan Israel dinilai makin mencapai kedekatan signifikan. Hubungan keduanya terlihat saat Israel, pada Sabtu, 23 September 2023, memberikan ucapan selamat HUT ke-93 Arab Saudi, dalam pesan resmi yang diunggah di akun X.

Mesir Buka-bukaan Ada Proposal Baru soal Gencatan Senjata di Gaza

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada raja, pemerintah, dan rakyat Kerajaan Arab Saudi pada kesempatan hari nasional ke-93,” kata Kementerian Luar Negeri Israel.

“Semoga Allah memberi negara anda kebaikan dan berkah, keamanan dan kemakmuran dengan harapan kami untuk suasana damai, kerja sama, dan hubungan bertetangga yang baik,” tambahnya.

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Photo :
  • WUNC 91.5

Ini adalah pertama kalinya, pesan hari nasional dibagikan di akun berbahasa Inggris Kementerian Luar Negeri Israel.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Sebagai informasi, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman mengatakan dalam sebuah wawancara, pada Rabu, 20 September 2023, bahwa pihaknya melakukan negosiasi dengan Israel.

Pangeran yang kerap dikenal MBS itu juga menyebutkan bahwa Riyadh memiliki hubungan yang semakin dekat setiap hari dengan Tel Aviv.

Meski demikian, perlakuan terhadap warga Palestina tetap menjadi isu yang sangat penting, yang harus diperhatikan.

Arab Saudi diketahui sedang mendiskusikan perjanjian besar dengan Amerika Serikat (AS) untuk menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai imbalan atas perjanjian pertahanan dan bantuan Amerika dalam mengembangkan program nuklir sipilnya sendiri.

Saudi juga mengungkapkan kesepakatan apa pun akan membutuhkan kemajuan besar menuju pembentukan negara Palestina.

"Bagi kami, persoalan Palestina sangat penting. Kita perlu menyelesaikan bagian itu,” kata MBS, dikutip dari AP, Kamis, 21 September 2023.

MBS juga menambahkan bahwa sejauh ini telah terjadi negosiasi yang baik.

"Kami berharap hal ini akan mencapai titik tertentu, sehingga dapat memudahkan kehidupan rakyat Palestina, menjadikan Israel sebagai pemain di Timur Tengah," ujarnya.

"Setiap hari, kita semakin dekat.”

Wawancara MBS disiarkan tak lama setelah Presiden AS, Joe Biden bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat keduanya berada di New York untuk menghadiri pertemuan Majelis Umum PBB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya