Peringati 40 Hari Kematiannya, Bos Wagner Group Prigozhin Disebut Pahlawan Rakyat

Peringatan kematian Bos Wagner Prigozhin
Sumber :
  • Al Jazeera

Moskow – Lusinan warga Rusia mulai dari keluarga hingga mantan pejuang mengadakan upacara peringatan untuk bos kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, untuk memperingati 40 hari kematiannya, dan memujinya sebagai pahlawan rakyat.

Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

Prigozhin terbunuh ketika jet pribadinya jatuh dalam perjalanan dari Moskow ke St Petersburg pada tanggal 23 Agustus lalu, dua bulan setelah ia memimpin pemberontakan yang gagal di Moskow. Dua komandan tinggi Wagner lainnya, empat pengawal Prigozhin, dan tiga awak pesawat juga tewas dalam kecelakaan yang masih belum dapat dijelaskan.

Ibu Prigozhin , Violetta, dan putranya, Pavel, meletakkan bunga di makam di St Petersburg. Para pendukung mengibarkan bendera hitam Wagner yang bergambar tengkorak dan semboyan, “Darah, Kehormatan, Tanah Air, Keberanian”.

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

VIVA Militer: Bos PMC Wagner Group, Yevgeny Prigozhin

Photo :
  • pravda.com.ua

Di Gereja Ortodoks Timur, diyakini bahwa jiwa seseorang yang telah meninggal melakukan perjalanan terakhirnya ke surga atau neraka pada hari ke-40 setelah kematian. Peringatan juga diadakan di Moskow dan kota-kota Rusia lainnya dengan puluhan pejuang Wagner, dan warga Rusia memberikan penghormatan.

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

Tidak ada liputan di televisi pemerintah Rusia atau penghormatan resmi apa pun terhadap Prigozhin, yang meninggal pada 62 tahun.

Tentara Wagner telah memainkan peran penting dalam pertempuran di Ukraina, membantu Rusia merebut kota Bakhmut di bagian timur pada bulan Mei, setelah berminggu-minggu pertempuran sengit. Wagner, yang pasukannya dipindahkan ke kamp-kamp di Belarus sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengakhiri pemberontakan, juga aktif di sejumlah negara Afrika.

“Dia dikritik karena kejadian tertentu, tapi dia adalah seorang patriot yang membela kepentingan tanah air di berbagai benua,” kata badan rekrutmen Wagner tentang Prigozhin dalam sebuah pernyataan di Telegram, melansir Al Jazeera, Senin, 2 Oktober 2023.

“Dia karismatik dan yang penting dia dekat dengan para pejuang dan rakyat. Dan itulah mengapa dia menjadi populer baik di Rusia maupun di luar negeri,” lanjutnya.

Pemberontakan Prigozhin, yang terjadi setelah berbulan-bulan beredarnya video sarat sumpah serapah yang menghina para pejabat tinggi militer Rusia, bisa dibilang merupakan tantangan terbesar bagi pemerintahan Presiden Rusia Vladimir Putin sejak mantan mata-mata KGB itu naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1999.

Pada akhir Juni lalu, Pasukan Wagner mengambil alih kota di selatan Rostov, menembak jatuh beberapa pesawat Rusia dan maju menuju Moskow, sebelum berbalik 200 km dari ibu kota menyusul kesepakatan yang ditengahi oleh Presiden Belarus Alexander Lukashenko. 

Prigozhin seharusnya pindah ke Belarus sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengakhiri pemberontakan.

Pelayat ungkap rasa hormat

Para pelayat mengungkapkan rasa hormatnya kepada Prigozhin, yang mengenal Putin saat menjalankan bisnis restoran di St Petersburg pada tahun 1990an. Dia kemudian memenangkan kontrak katering negara yang menguntungkan, sehingga mendapat julukan, “koki Putin”. Dia melebarkan sayapnya ke media serta “pabrik troll” internet yang terkenal yang menyebabkan dia didakwa di Amerika Serikat karena ikut campur dalam pemilihan presiden tahun 2016.

Makam boss Wagner Yevgeny Prigozhin

Photo :
  • Sky News

Wagner membawanya lebih jauh ke pusat perhatian dengan kelompok tentara bayaran yang mengembangkan reputasi kebrutalan dan kekejaman. Rusia tampaknya akan terus menggunakan tentara Wagner meskipun terjadi kekacauan baru-baru ini.

Pada hari Jumat, Kremlin mengatakan Putin telah mengatakan kepada Andrei Troshev, salah satu komandan tertinggi Wagner, bahwa ia harus “berurusan dengan pembentukan unit sukarelawan yang dapat melakukan berbagai tugas tempur, terutama di zona operasi militer khusus”, istilah yang digunakan Moskow untuk perangnya di Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya