Media Asing Soroti 'Whoosh', RI Jadi Negara Asia Tenggara Pertama yang Punya Kereta Cepat

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Jakarta – Media asing asal Malaysia, New Straits Times menyebutkan bahwa Indonesia meluncurkan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara. Peresmian itu dilaksanakan pada Senin, 2 Oktober 2023.

Sabet Medali Perak, Prestasi Membanggakan Tim Uber Cup Indonesia

Proyek kereta cepat ini bernilai fantastis hingga miliaran dolar dan didukung oleh Tiongkok serta mendapat pujian dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowo). Dia juga menyebut bahwa kereta ini sebagai simbol modernisasi Indonesia.

Dengan kecepatan tertinggi 350 kilometer (220 mil) per jam, kereta cepat "Whoosh" dapat menempuh perjalanan antara ibu kota Jakarta dan Bandung dalam waktu 45 menit.

Susunan Pemain Indonesia Vs China di Final Thomas Cup 2024

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan

Photo :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Sebelumnya, media lainnya seperti BBC juga sempat membahas kereta cepat dengan menyebut bahwa proyek itu merupakan ambisi dari Presiden China Xi Jinping.

Indonesia Gagal Juara Uber Cup Usai Ditumbangkan China 0-3

Proyek ini merupakan bagian dari inisiatif Belt and Road yang telah berlangsung selama 10 tahun oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping.

"Proyek ini juga disebut sebagai rencana ambisius Xi untuk menghubungkan Asia dengan Afrika dan Eropa, melalui serangkaian jaringan darat dan laut melalui investasi pada infrastruktur lokal."

Sementara itu, Indonesia negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, secara aktif mencari investasi dari Tiongkok, mitra dagang terbesarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya