Taiwan Investigasi Dugaan Proyek Kapal Selamnya Dibocorkan ke China

Kapal selam Taiwan.
Sumber :
  • CNA/Reuters/Carlos Garcia Rawlins

Taiwan – Jaksa Taiwan mengatakan, pada Senin 2 Oktober 2023, bahwa mereka sedang menyelidiki tuduhan bahwa  ada orang-orang mencoba ikut campur dalam program kapal selam pulau itu, dan bahwa rincian tentang hal itu dibocorkan, yang merupakan pelanggaran keamanan serius.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Taiwan meluncurkan kapal selam pertamanya yang dikembangkan di dalam negeri pada hari Kamis. Ini merupakan langkah besar dalam sebuah proyek yang bertujuan untuk memperkuat pertahanan dan pencegahan terhadap serangan angkatan laut Tiongkok, meskipun kapal tersebut belum akan beroperasi dalam dua tahun ini.

Gambar foto perang kapal angkatan laut China ikut latihan militer di perairan Taiwan.

Photo :
  • CCTV via AP, File.
Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Huang Shu-kuang, yang memimpin proyek tersebut, mengatakan kepada media lokal pekan lalu bahwa anggota parlemen, yang tidak dia sebutkan namanya, telah mempersulit proyek tersebut untuk membeli peralatan penting, dan bahwa seorang kontraktor yang gagal memenangkan proyek itu membocorkan informasi tersebut ke China.

Melansir CNA, Kantor Kejaksaan Agung Taiwan, dalam pernyataan singkatnya, mengatakan tuduhan Huang telah menarik “perhatian besar” mengingat implikasinya terhadap keamanan dan pertahanan nasional.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Dikatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan jaksa untuk "menyelidiki kasus ini sesegera mungkin untuk menjaga keamanan nasional". Pernyataan itu tidak memberikan rincian atau nama.

Kapal selam Taiwan.

Photo :
  • CNA/Reuters/Carlos Garcia Rawlins

Taiwan telah menjadikan program kapal selam dalam negeri sebagai bagian penting dari proyek ambisius untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya ketika Beijing hampir setiap hari melakukan latihan militer untuk menegaskan klaim kedaulatannya.

Program kapal selam ini memanfaatkan keahlian dan teknologi dari beberapa negara – sebuah terobosan bagi Taiwan yang terisolasi secara diplomatis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya