WHO Ingatkan Cadangan Bahan Bakar untuk Listrik di Rumah Sakit di Gaza Akan Habis

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Sumber :
  • Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP

Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan kembali seruannya kepada Palestina dan Israel agar mengakhiri permusuhan yang menyebabkan "penderitaan tak terkira" dari kedua belah pihak.

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

"Lebih dari 1.000 orang tewas dan makin banyak yang mengalami luka-luka akibat aksi kekerasan mengerikan oleh (kelompok Palestina) Hamas pada Sabtu di Israel, dan bombardemen berhari-hari Israel di Gaza," kata WHO.

WHO mengaku telah menawarkan bantuan kepada pejabat kesehatan Israel dan Palestina.

Ratusan Warga Pesisir Selatan Diserang Virus Diare, 4 Orang Meninggal

Arsip - Dalam foto yang diambil pada 11 Mei 2021 ini, terlihat asap hitam mengepul ke langit akibat ledakan yang disebabkan serentetan serangan israel di Kota Younis di Jalur Gaza bagian selatan.

Photo :
  • ANTARA/Yasser Qudih

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi pada Senin menyetujui permintaan WHO untuk memfasilitasi pengiriman pasokan obat-obatan dan bantuan kemanusiaan lainnya dari WHO untuk Gaza melalui pintu lintas batas Rafah.

Betharia Sonata Dikabarkan Masuk Rumah Sakit Lantaran Stroke, Willy Dozan Setia Dampingi

"Koridor transportasi tersebut harus dilindungi," tandas WHO.

Mengingat rumah sakit-rumah sakit di Gaza beroperasi menggunakan generator cadangan yang bahan bakarnya kemungkinan habis dalam beberapa hari, WHO menyatakan "respons kesehatan untuk menyelamatkan nyawa para korban saat ini tergantung kepada secepat mungkin menyalurkan pasokan dan bahan bakar ke fasilitas-fasilitas kesehatan."

WHO juga berupaya untuk segera mendapatkan pasokan medis secara lokal guna memenuhi permintaan dan juga menyiapkan pasokan dari Pusat Logistik Medis Global di Dubai.

VIVA Militer: Roket Hamas Palestina hantam pemukiman sipil Israel

Photo :
  • jpost.com

WHO menyatakan "keprihatinan mendalam" atas kesehatan dan kesejahteraan para sandera, termasuk warga sipil lanjut usia, yang ditangkap  Hamas Sabtu pekan lalu.

"Kesehatan dan kebutuhan medis para sandera ini harus segera ditangani, dan WHO menyerukan pembebasan mereka dengan aman," tambah WHO.

Hamas meluncurkan Operasi Badai Al-Aqsa pada Sabtu pagi dengan menembakkan rentetan roket dan menyusup masuk wilayah Israel.

Serangan mendadak itu merupakan respons terhadap penyerbuan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki dan meningkatnya aksi kekerasan para pemukim Yahudi terhadap warga Palestina.

Sebagai balasan, militer Israel meluncurkan Operasi Pedang Besi untuk melawan Hamas di Jalur Gaza.

Sejauh ini lebih dari 1.900 orang  tewas dalam aksi kekerasan, termasuk sedikitnya 900 warga Palestina dan 1.000 warga Israel.

Israel telah memutus pasokan air dan listrik ke Gaza sehingga memperburuk situasi kemanusiaan yang sudah mengerikan di daerah kantong yang terblokade tersebut.

Menjadi tempat tinggal bagi 2,2 juta orang, Jalur Gaza sudah terguncang akibat blokade Israel sejak 2007. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya