5 Negara Sekutu Israel yang Bantu Lawan Hamas Palestina, Ada Tetangga Indonesia

VIVA Militer: Joe Biden dan Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • Politico

Israel – Sejak konflik Israel-Palestina bergulir pada 1948 silam, beberapa negara telah terlibat aktif di dalamnya, baik sebagai suporter Israel maupun Palestina. Peran beberapa negara ini bermacam-macam, baik sebagai penyuplai senjata maupun menjadi suaka bagi Palestina. 

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Sementara itu, kementerian luar negeri Israel mengklaim bahwa ada 84 negara yang mengeluarkan pernyataan untuk mendukung Israel. Mereka juga mengecam serangan Hamas serta mendukung Israel untuk membela diri atas serangan tersebut. 

1. Amerika Serikat

Aksi UI Tiru AS Gelar Kamp Palestine Solidarity untuk Penghentian Perang di Gaza Banjir Dukungan

VIVA Militer: Kapal induk USS Gerald R. Ford militer Amerika Serikat

Photo :
  • indiatoday.in

Presiden AS Joe Biden menyatakan dukungan AS untuk Israel sangat kuat dan tak tergoyahkan. Untuk memperlihatkan dukungannya, ia memerintahkan kapal dan pesawat tempur AS menuju Israel dengan mengirimkan bantuan militer. 

Produk Baja Lapis RI Siap Ekspansi ke Pasar Konstruksi Australia

Pentagon diketahui mengirimkan kapal induk USS Gerald R. Ford yang diiringi kapal penjelajah Normandia, serta kapal tempur Destroyer, yakni Ramage, Carney, Roosevelt, dan Thomas Hudner ke Mediterania Timur, dan menguatkan skadron pesawat tempur di wilayah tersebut. 

2. Inggris

PM Inggris Rishi Sunak.

Photo :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak sudah mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa Inggris dengan tegas menyatakan dukungan kepada Israel. Mereka juga memastikan kepada dunia untuk berbicara dalam satu suara. 

Melansir dari keterangan resmi dari kantor perdana menteri Inggris, Downing Street, negara tersebut akan terus mendukung Israel dalam melawan tindakan teror yang dilancarkan Hamas. Sunak menyebut bahwa Inggris siap memberikan dukungan apapun kepada Israel. 

3. Prancis

VIVA Militer: Presiden Prancis, Emmanuel Macron

Photo :
  • The Independent

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengutuk serangan yang dilancarkan Hamas kepada Israel dan Prancis dengan tegas mendukung negara tersebut,. Ia juga mengadakan pembicaraan dengan Presiden Israel Isaac Herzog dan PM Benjamin Netanyahu. 

Dalam cuitannya, ia mengatakan bahwa Prancis berdiri dalam solidaritas dengan Israel dan berkomitmen mendukung keamanan Israel serta hak negara tersebut dalam membela diri. Prancis juga telah memperkuat keamanan di sekitar tempat ibadah agama Yahudi di sana. 

Pemimpin Partai Buruh sekaligus Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese.

Photo :
  • AP/Joel Carrett.

Australia juga menyatakan dukungan terhadap Israel dan hak mempertahankan diri. PM Australia Anthony Albanese menyalahkan Hamas atas kekerasan dan mengutuk tindakan sembarangan yang menargetkan warga sipil oleh Hamas. 

Perdana Menteri (PM) Norwegia Erna Solberg Source : Republika

Photo :
  • republika

Norwegia juga mengutuk serangan mendadak dari kelompok Hamas Palestina terhadap warga sipil Israel hingga berjatuhan korban jiwa. Menteri Luar Negeri Norwegia Anniken Huitfeldt mengatakan bahwa negaranya sangat mengutuk serangan terhadap warga sipil. 

"Norwegia mengutuk keras serangan terhadap warga sipil Israel dan menyerukan penghentian segera serangan dan kekerasan tersebut," kata Huitfeldt seperti dilansir dari laman NewsInEnglish pada Kamis, 12 Oktober 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya