Dalam Keadaan Perang, PM Israel Netanyahu Buat Kabinet Darurat

VIVA Militer; Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • Washington Post

Tel Aviv – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan pemimpin Partai Persatuan Nasional Benny Gantz mengumumkan perjanjian penting, pada Rabu, 11 Oktober 2023. 

Israel Bom Rafah Setelah Hamas Setujui Proposal Gencatan Senjata Hasil Mediasi AS

Perjanjian itu yakni membentuk pemerintahan darurat masa perang, setelah Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, pada Sabtu pagi, 7 Oktober 2023.

Pembentukan pemerintahan darurat lahir di tengah perpecahan nasional yang sengit selama berbulan-bulan akibat rencana perombakan peradilan Netanyahu.

Arab Saudi Kecam Israel Soal Serangan Darat di Rafah

VIVA Militer: Benjamin Netanyahu.

Photo :

Hal ini menggarisbawahi besarnya guncangan yang dialami Israel dan sejauh mana para politisi dan seluruh negara  merasa terkejut dengan ancaman tiba-tiba terhadap keamanan nasional.

Sekjen PBB Tidak Akan Toleransi Serangan Darat Israel di Rafah

Hingga Sabtu, Gantz dengan gigih menentang kemungkinan masuk ke dalam pemerintahan saat ini, yang merupakan pemerintahan paling sayap kanan Israel.

Namun, dia dan anggota oposisi lainnya kemudian mengubah sikap mereka, dengan mengatakan bahwa semua perselisihan internal perlu dikesampingkan untuk memproyeksikan front persatuan terhadap musuh-musuh Israel.

Dilansir dari Times of Israel, Kamis, 12 Oktober 2023, Gantz juga memberikan kepercayaan pada kepemimpinan tentara yang bertempur di medan perang dan kepada masyarakat yang hancur akibat serangan Israel.

Pemimpin Oposisi Yair Lapid adalah orang pertama yang secara terbuka menawarkan pemerintahan persatuan darurat pada Sabtu malam, dan Netanyahu serta Gantz dengan cepat menyatakan dukungan mereka.

Namun, Lapid tidak ikut campur dalam pemerintahan untuk saat ini, karena tuntutannya agar Netanyahu menyingkirkan menteri sayap kanan Bezalel Smotrich dan Itamar Ben Gvir belum dipenuhi.

Meski demikian, ego keduanya harus dikesampingkan demi rakyat Israel. Koalisi baru ini akan membentuk kabinet perang yang mengerucut, seperti yang diminta oleh Gantz.

Nantinya, kabinet tersebut akan terdiri dari Gantz, Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gagah, Mantan ketua IDF dan anggota MK Persatuan Nasional saat ini Gadi Eisenkot, serta Menteri Urusan Strategis Likud Ron Dermer, yang akan bertindak sebagai pengamat.

VIVA Militer: Tentara Israel mengevakuasi korban tewas

Photo :
  • lbc.co.uk

Keputusan-keputusan ini masih perlu disetujui oleh seluruh kabinet, namun nampaknya sebagian besar keputusan penting akan diambil dalam forum yang lebih kecil.

Netanyahu dan Gantz juga telah mengadakan negosiasi dalam beberapa hari terakhir.

Sebagai informasi, Netanyahu telah menghadapi kritik luas atas lambatnya perundingan kabinet baru yang dipandang oleh masyarakat sebagai suatu keharusan karena krisis keamanan yang terjadi saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya