Wapres RI Serukan Hentikan Perang Hamas-Israel, Korban Tewas Tembus 4.000

Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

Bali – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyerukan agar perang antara kelompok Hamas Palestina dan Israel segera dihentikan karena sudah menelan ribuan korban jiwa.

Posting Foto Gelas Starbucks saat Umroh Dikecam, Zita Anjani Tantang Balik Masyarakat Untuk Ini

"Saya kira hari ini lebih dari 4.000 orang terbunuh, karena itu harus segera dihentikan," kata Wapres Ma'ruf Amin di Sidang Tahunan ke-61 Asian African Legal Consultative Organization (AALCO) digelar di BNDCC Nusa Dua Bali, Senin, 16 Oktober 2023.

Serangan udara milter Israel menghancurkan bangunan di Gaza, Palestina

Photo :
  • AP Photo/Fatima Shbair
Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Menurut Wapres, solusi yang harus dijalankan untuk kedua belah pihak yakni kesepakatan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yakni solusi dua negara atau two state solution.

"Mengenai masalah penyelesaian dua negara yang ini barang kali masih harus terus dilakukan," imbuhnya.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Bali diketahui kembali dipercaya sebagai tuan rumah ajang Internasional. Kali ini, AALCO digelar pada 16 hingga 20 Oktober 2023. Sidang Tahunan dihadiri 47 negara yang terdiri dari 32 negara Asia dan 15 negara Afrika. Selain itu pertemuan ini juga akan dihadiri oleh delegasi dari 41 negara pengamat dan 21 organisasi internasional.

Sidang tahunan AALCO yang diselenggarakan di Bali membahas mengenai isu-isu hukum yang menjadi kepentingan bersama antara negara-negara Asia dan Afrika.

Wapres pun mengharapkan agar momentum AALCO ke-61 yang saat ini sedang berlangsung di Bali, dapat berperan penting dalam menyatakan penghentian segera perang antara Hamas dan Israel.

Pasalnya, lanjut Wapres RI, masalah Palestina menjadi salah satu perhatian penting di kawasan Asia Afrika.


“Oleh karena itu saya ingin juga konferensi ini menyatakan supaya perang segera dihentikan karena ini menyangkut masalah kemanusiaan," ucap Ma’ruf Amin.

Serangan udara milter Israel menghancurkan komplek perumahan di Gaza Tengah

Photo :
  • Quds

Sementara itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Yasonna Hamonangan Laoly, mengatakan, AALCO adalah sebuah organisasi antarpemerintah yang didirikan pada tahun 1956.

Organisasi itu untuk meningkatkan kerjasama dan pertukaran pandangan mengenai isu-isu hukum yang menjadi kepentingan bersama antara negara-negara Asia dan Afrika. AALCO berdiri pada tahun 1956 yang merupakan salah satu hasil penting dari Konferensi Asia Afrika (KAA) Bandung.

“Indonesia memiliki pengalaman di bidang perampasan aset yang kompleks, melalui berbagai modus, dan melibatkan lebih dari satu yurisdiksi. Indonesia akan berbagai pengalaman ini dengan negara-negara anggota AALCO,” ucap Yasonna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya