Ledakan di Rumah Sakit Gaza, Joe Biden Batalkan Perjalanan ke Timur Tengah

Presiden AS Joe Biden.
Sumber :
  • AP Photo/Patrick Semansky.

Washington – Perjalanan diplomatik Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden ke Timur Tengah terpaksa terhenti, setelah perjalanannya ke Yordania dibatalkan menyusul serangan terhadap rumah sakit di Gaza yang menewaskan ratusan orang.

Raisi Berusaha Keras Keluarkan Iran dari Sanksi AS dan Negara-negara Barat, Menurut Pengamat

Presiden AS berusia 80 tahun itu sekarang hanya akan menemui sekutunya Israel untuk menunjukkan dukungan setelah serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Perjalanan ini selalu dianggap sebagai perjalanan yang paling berisiko dalam masa kepresidenan Biden, ketika ia mencoba mencari titik temu antara mendukung Israel dengan upaya mencegah bencana kemanusiaan di Gaza, dan mencegah konflik regional.

Pejabat Israel Sangkal Negaranya Terkait Kematian Presiden Iran, Menurut Media

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • independent.co.uk

Sebelumnya, berita mengenai ledakan di rumah sakit tersebut memicu spekulasi heboh mengenai apakah Biden benar-benar akan melakukan perjalanan diplomatiknya. 

Presiden Jokowi Dorong Penyelesaian Situasi Palestina di Forum WWF ke-10

Dan ketika Biden menaiki tangga Air Force One, Yordania mengumumkan bahwa rencana pertemuan puncak empat pihak dengan Biden, Presiden Palestina Mahmud Abbas, Raja Yordania Abdullah II, dan presiden Mesir dibatalkan. 

"Pertemuan tersebut akan diadakan ketika keputusan untuk menghentikan perang dan mengakhiri pembantaian telah diambil," kata Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi, dikutip Channel News Asia, Rabu, 18 Oktober 2023. 

Tak lama setelah itu, Gedung Putih mengonfirmasi bahwa Biden akan menunda perjalanannya ke Yordania dan mengatakan bahwa ia mengambil keputusan tersebut setelah berkonsultasi dengan Raja Abdullah II dari Yordania dan mengingat hari berkabung yang diumumkan oleh Presiden Abbas. 

"Biden juga menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada para korban ledakan rumah sakit," katanya. 

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • arabnews.com

Pada saat itu, serangan terhadap rumah sakit Al-Ahli yang menurut para pejabat Hamas menewaskan sedikitnya 500 orang, telah menjadi kemarahan di seluruh wilayah. 

Pengunjuk rasa yang marah juga mencoba menyerbu kedutaan Israel di Amman, tempat Biden dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin lainnya.

Sementara itu, Hizbullah Lebanon yang didukung Iran menyerukan hari kemarahan atas serangan tersebut bertepatan dengan kedatangan Biden, sehingga memicu kekhawatiran akan eskalasi yang dilakukan oleh Teheran dan sekutunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya