Tembak Bantuan Mesir di Pos Militer ke Gaza, Israel: Kami Tak Sengaja

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)
Sumber :
  • middleeastmonitor.com

VIVA Dunia – Tembakan tank Israel secara "tidak sengaja" menghantam sebuah pos militer Mesir di dekat perbatasan Rafah antara Gaza dan Semenanjung Sinai Mesir, klaim militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

“Beberapa waktu lalu, sebuah tank IDF secara tidak sengaja menembak dan menghantam pos Mesir yang berdekatan dengan perbatasan di kawasan Kerem Shalom. Insiden ini sedang diselidiki dan rinciannya sedang ditinjau,” kata pernyataan itu, melansir The Cradle, Senin, 23 Oktober 2023.

lDF menyatakan kesedihan atas insiden tersebut. "Sebuah ledakan dan suara ambulans terdengar di dekat penyeberangan Rafah pada Minggu sore, tak lama setelah konvoi bantuan kedua memasuki penyeberangan dari sisi Mesir," kata saksi mata.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Jubir IDF Laksamana Muda Daniel Hagari

Photo :
  • Times of Israel

Konvoi tersebut terdiri dari 19 truk yang membawa perbekalan medis dan makanan. Konvoi pertama yang terdiri dari 20 truk berisi pasokan yang sangat dibutuhkan telah memasuki Gaza pada hari Sabtu melalui Rafah.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Menyusul serangan mendadak Hamas melalui darat, laut, dan roket terhadap permukiman di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant memerintahkan "pengepungan total" di Jalur Gaza. 

Militer Israel menggempur daerah kantong yang padat penduduk dan terkepung itu dengan serangan udara dan menutupnya dari makanan, bahan bakar, dan pasokan lainnya. 

"Kami melakukan pengepungan total terhadap Gaza. Tidak ada listrik, tidak ada makanan, tidak ada air, tidak ada gas, semuanya ditutup,” kata Gallant dalam pesan video, mengacu pada daerah kantong yang dihuni 2,3 juta orang. “Kami memerangi hewan dan bertindak sesuai dengan hal tersebut,” kata Gallant dalam bahasa Ibrani.

Sejak itu, Mesir berupaya mengatur pengiriman bantuan ke Gaza melalui penyeberangan Rafah, yang salah satu sisinya dikontrolnya. 

Sumber-sumber Palestina di penyeberangan Rafah mengatakan pasukan Israel mengebom jalan menuju penyeberangan tersebut dua kali, pada 10 dan 11 Oktober, untuk mencegah Mesir mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk mereka. 

"Setelah pemboman awal, tim pemeliharaan memperbaiki jalan, namun pasukan Israel kemudian mengebom jalan itu lagi, sehingga mengharuskan evakuasi semua tim yang bekerja di persimpangan,” kata sumber tersebut kepada Al-Ahram Online Mesir. 

Selain itu, Ahram Online melaporkan bahwa outlet media Israel N12 melaporkan bahwa Israel memberi tahu Mesir bahwa mereka akan mengebom setiap truk bantuan yang memasuki Gaza melalui Rafah. 

Pada 19 Oktober, Israel mengatakan bahwa mereka akan mengizinkan Mesir untuk memberikan bantuan kemanusiaan terbatas ke Jalur Gaza, di tengah kritik internasional atas pemboman Israel terhadap Rumah Sakit Baptis Al-Ahli sehari sebelumnya. 

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

Photo :
  • middleeastmonitor.com

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan keputusan itu disetujui setelah ada permintaan dari Presiden AS Joe Biden. Dikatakan bahwa Israel “tidak akan menghalangi bantuan kemanusiaan dari Mesir selama bantuan tersebut hanya berupa makanan, air dan obat-obatan.” 

Namun, Israel menolak mengizinkan pengiriman bahan bakar, yang sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi rumah sakit di Gaza yang kewalahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya