10 Negara Teraman di Dunia Tahun 2023, Cocok Dikunjungi untuk Turis

Ilustrasi negara
Sumber :
  • Pixabay

Amerika Serikat – Ketika kamu berencana untuk mengunjungi negara asing, keamanan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Ini adalah faktor utama yang memengaruhi keputusan kita untuk bepergian atau bahkan pemikiran tentang pindah ke tempat baru.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Mengetahui daftar negara teraman di dunia adalah informasi yang sangat penting bagi wisatawan dan penduduk lokal. Dalam Global Peace Index tahun 2023, beberapa negara telah menonjol sebagai tempat-tempat yang paling aman dan damai untuk tinggal. 

Ilustrasi pemandangan Abkhazia.

Photo :
  • Pixabay/nuno_lopes
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Global Peace Index adalah daftar tahunan yang merangking negara-negara paling aman di dunia, disusun oleh Institute of Economics and Peace. Namun, sayangnya, Amerika Serikat menempati peringkat yang cukup rendah, yaitu peringkat ke-133 dalam daftar terbaru ini.

Dalam daftar ini, negara-negara seperti China, Arab Saudi, dan beberapa negara Amerika Tengah seperti El Salvador dan Honduras yang dilanda kekerasan dianggap lebih "damai" daripada Amerika. 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Demikian pula, Inggris yang memiliki tingkat kejahatan dengan senjata tajam cukup tinggi menempati peringkat ke-37, sementara Australia berada di peringkat ke-22. Lantas, negara apa saja yang disebut sebagai negara teraman di dunia tahun 2023? 

Daftar Negara Teraman di Dunia 2023

Ilustrasi negara Korea Selatan

Photo :
  • Pixabay

Dilansir dari India Times, berikut ini adalah daftar sepuluh negara teraman di dunia:

1. Islandia

2. Denmark

3. Irlandia

4. Selandia Baru

5. Austria

6. Singapura

7. Portugal

8. Slovenia

9. Jepang

10. Swiss

Meskipun Islandia menduduki peringkat teratas dalam peringkat keseluruhan, menurut kategori ‘keselamatan dan keamanan' dalam Global Peace Index, yang dianggap sebagai salah satu dari tiga indikator perdamaian, secara teknis, Islandia bisa dianggap sebagai negara teraman di dunia.

Keselamatan dan keamanan suatu tempat dinilai berdasarkan statistik seperti jumlah pembunuhan per 100.000 penduduk dan jumlah orang yang dipenjara. 

Walaupun peringkat ini berbeda dari peringkat sebelumnya, penobatan Islandia sebagai negara teraman mencakup penilaian atas 'konflik berkelanjutan' dan 'militerisasi', menjadikannya negara paling damai secara keseluruhan melintasi tiga aspek utama.

Bagaimana Peringkat Diberikan?

Peringkat ini mempertimbangkan statistik seperti jumlah pembunuhan, jumlah populasi yang dipenjarakan, terorisme, kekuatan militer, dan konflik internasional. Semua faktor ini digunakan untuk menilai sejauh mana suatu negara dapat dianggap "aman."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya