Uskup Mengundurkan Diri Setelah Dilaporkan Pesta Seks dengan PSK Pria

Uskup Mengundurkan Diri Setelah Dilaporkan Lakukan Pesta
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Polandia – Vatikan telah menerima pengunduran diri Grzegorz Kaszak, uskup Sosnowiec. Tidak ada alasan resmi yang diberikan atas mundurnya diri, namun hal ini terjadi setelah skandal atas laporan bahwa seorang imam di keuskupannya menyelenggarakan "pesta seks" dengan seorang PSK Pria.

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

Dilansir dari Notes from Poland, Kamis, 26 Oktober 2023, duta besar Vatikan mengumumkan bahwa pengunduran diri Kaszak telah diterima oleh Paus Fransiskus dan Adrian Galbasa, uskup agung Katowice, untuk sementara waktu akan menjalankan tugasnya.

Uskup Mengundurkan Diri Setelah Dilaporkan Lakukan Pesta

Photo :
  • Tangkapan Layar
Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Sementara itu, Keuskupan Sosnowiec menerbitkan surat pengunduran diri dari Kaszak, yang telah menjabat sebagai uskup sejak 2009.

Dia "meminta semua orang untuk memaafkan dirinya sebagai manusia" dan menambahkan bahwa "jika saya telah menyinggung perasaan siapa pun atau mengabaikan apa pun, saya sangat menyesal". Namun, surat itu tidak memberikan alasan untuk kepergiannya.

Guru Besar Unibraw: Setelah Prabowo Dilantik sebagai Presiden, Dia Milik Kita Bersama

Pengunduran diri Kaszak secara luas ditafsirkan sebagai tanggapan atas skandal yang muncul bulan lalu atas laporan media bahwa sekelompok pastor menyelenggarakan "pesta seks" di sebuah apartemen milik paroki mereka yang menyebabkan seorang pelacur pria kehilangan kesadaran.

Pastor yang apartemennya menjadi tempat kejadian - yang hanya dapat disebutkan namanya sebagai Tomasz Z. di bawah hukum privasi Polandia, diberhentikan dari semua tugas gerejawi. Jaksa penuntut juga mengkonfirmasi bahwa mereka sedang menyelidiki insiden tersebut.

Kaszak sendiri menerbitkan sebuah surat yang mengatakan bahwa dia "meminta maaf kepada semua orang yang terpengaruh dan sedih, atau bahkan tersinggung, oleh ... peristiwa yang menyakitkan" dan "para imam yang terlibat".

Uskup Mengundurkan Diri Setelah Dilaporkan Lakukan Pesta

Photo :
  • Tangkapan Layar

Pada awal bulan ini, Keuskupan Sosnowiec mengumumkan bahwa komisinya telah menetapkan bahwa "Pastor Tomasz Z., bersama dengan dua orang lainnya, melakukan pelanggaran yang sangat serius terhadap norma-norma moral, yang tidak disetujui oleh gereja dan dikutuk dengan keras".

Ditambahkan bahwa "perilaku Pastor Tomasz Z. secara serius melanggar kewajiban yang timbul dari status klerus, yang dapat dianggap sebagai kejahatan dalam arti hukum kanonik".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya