Houthi Yaman Luncurkan Rudal ke Israel

Houthi Yaman
Sumber :
  • Yemen House

VIVA Dunia – Kelompok militan Houthi di Yaman mengklaim mereka meluncurkan “sejumlah besar” rudal balistik dan drone ke arah Israel dan memperingatkan akan adanya serangan lebih lanjut di masa depan.

Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

Israel sebelumnya mengatakan pihaknya menghancurkan “target udara” tak dikenal di Laut Merah pada Selasa pagi. “Tidak ada ancaman atau risiko terhadap warga sipil,” kata militer Israel.

Insiden tersebut memicu sirene serangan udara di resor wisata Laut Merah yang populer di Eilat dan membuat warga berlarian mencari perlindungan.

AS dan Israel Kembali Berdiskusi Tentang Evakuasi di Gaza Selatan

VIVA Militer: Serangan militer Israel di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • standard.co.uk

Secara terpisah, militer Israel mengatakan bahwa mereka menggunakan sistem pertahanan udara “Panah” untuk pertama kalinya sejak pecahnya perang dengan Hamas pada 7 Oktober untuk mencegat rudal di Laut Merah yang ditembakkan ke wilayahnya. 

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Yahya Saree, juru bicara militer Houthi, mengatakan operasi tersebut adalah operasi ketiga yang menargetkan Israel dan mengancam akan melakukan lebih banyak serangan “sampai agresi Israel ke Palestina berhenti.”

Sebelumnya, seorang pejabat senior Houthi mengatakan bahwa kelompok Yaman yang didukung Iran telah mengirim drone ke Israel selatan. “Drone ini milik negara Yaman,” kata Abdelaziz bin Habtour, perdana menteri pemerintah Houthi.

Insiden ini terjadi ketika ketegangan regional meningkat di tengah perang Israel-Hamas di Gaza.

“Ini merupakan kekhawatiran bagi Israel karena mereka sudah terlibat dalam konflik dengan Hizbullah yang didukung Iran di front utara,” menurut laporan Al Jazeera, dilansir Rabu, 1 November 2023. 

Pada tanggal 27 Oktober, drone menyebabkan ledakan di kota Taba dan Nuweiba di Laut Merah Mesir, dekat perbatasan Israel. 

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan Houthi yang didukung Iran meluncurkan drone dan rudal “dengan tujuan merugikan Israel”. 

Insiden itu terjadi dua hari setelah Hamas mengatakan pihaknya meluncurkan roket ke arah Eilat. Militer Israel mengatakan roket itu mendarat di lapangan terbuka.

Juga pekan lalu, militer AS mengatakan sebuah kapal perang angkatan laut di Laut Merah bagian utara mencegat proyektil yang diluncurkan oleh Houthi yang berpotensi menuju Israel.

Ketegangan regional meningkat setelah Hamas melancarkan serangan mendadak di wilayah Israel pada tanggal 7 Oktober. 

Houthi Yaman

Photo :
  • Yemen House

Sejak itu, kelompok Hizbullah juga semakin terlibat dalam baku tembak lintas batas dengan Israel. Iran membantah terlibat dalam serangan Hamas. Sementara itu, Israel dalam beberapa hari terakhir telah memperluas serangan udara dan daratnya ke Jalur Gaza, yang terus menerus dibombardir selama lebih dari tiga minggu. 

Para pejabat di Gaza mengatakan lebih dari 8.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan udara Israel, sementara di Israel, jumlah korban tewas mencapai 1.400 orang, menurut pihak berwenang Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya