Israel Bantai Warga Palestina, Chile Hingga Kolombia Tarik Duta Besarnya

Bendera Israel.
Sumber :
  • Atalayar

Chile – Pemerintah Chile memanggil duta besarnya untuk Israel, untuk berkonsultasi, pada Selasa, 31 Oktober 2023, setelah Israel dianggap melanggar hukum kemanusiaan internasional yang berasal dari serangan militer baru-baru ini di Jalur Gaza.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

“Chile mengutuk keras dan mengamati dengan penuh keprihatinan operasi militer ini,” kata Kementerian Luar Negeri Chile dalam sebuah pernyataan.

Dilansir dari Alarabiya, Rabu, 1 November 2023, Chile juga mengatakan bahwa operasi Israel sama dengan hukuman kolektif terhadap penduduk sipil Palestina di Gaza.

Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

Bendera Chile

Photo :
  • Anadolu Agency

Pernyataan tersebut juga menyerukan diakhirinya permusuhan, pembebasan sandera yang ditahan oleh militan Hamas, dan mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke dalam Gaza.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Sebelumnya, pada hari yang sama, Kementerian Luar Negeri Chile mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa pihaknya mendorong solusi dua negara antara Israel dan wilayah Palestina.

Kritik Chile terhadap serangan Israel di Gaza menyusul tindakan negara tetangganya, Bolivia, yang memutuskan hubungan dengan Israel, dengan alasan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Presiden Kolombia, Gustavo Petro.

Photo :
  • AP Photo/Ariana Cubillos.

Selain itu, Kolombia juga diketahui telah menarik duta besarnya untuk Israel atas perang yang terjadi di Gaza. Hal itu dilontarkan oleh Presiden Gustavo Petro dalam pesan di X.

“Saya telah memutuskan untuk memanggil kembali duta besar kami untuk Israel. Jika Israel tidak menghentikan pembantaian rakyat Palestina, kita tidak bisa tinggal diam."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya