Perempuan di Gaza Terpaksa Gunakan Pil Penunda Menstruasi di Tengah Gempuran Israel

Wanita di Gaza
Sumber :

Gaza – Banyak perempuan Palestina yang terpaksa meminum pil penunda menstruasi karena kondisi yang tidak sehat dan menyedihkan yang mereka alami akibat serangan Israel yang terus berlanjut di Gaza.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Menghadapi pengungsian, kondisi tempat tinggal yang terlalu padat, dan kurangnya akses terhadap air dan produk kebersihan menstruasi seperti pembalut wanita dan tampon, para perempuan telah mengonsumsi tablet norethisterone yang biasanya diresepkan untuk kondisi seperti perdarahan menstruasi yang parah, endometriosis, dan nyeri haid untuk menghindari hal ini.

Tentu saja hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat menstruasi. Menurut Dr Walid Abu Hatab, seorang konsultan medis kebidanan dan ginekologi di Nasser Medical Complex di selatan kota Khan Younis, tablet tersebut menjaga kadar hormon progesteron tetap tinggi untuk menghentikan rahim melepaskan lapisannya, sehingga menunda menstruasi.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Pil tersebut mungkin memiliki efek samping seperti pendarahan vagina yang tidak teratur, mual, perubahan siklus menstruasi, pusing dan perubahan suasana hati, menurut para profesional medis, namun beberapa wanita seperti Salma Khaled mengatakan mereka tidak punya pilihan selain mengambil risiko di tengah gencarnya Israel. pemboman dan blokade Gaza.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Wanita Jalani Masa-masa Tersulit

Salma meninggalkan rumahnya di lingkungan Tel al-Hawa di Kota Gaza dua minggu lalu dan tinggal di rumah kerabatnya di kamp pengungsi Deir el-Balah di Gaza tengah. Wanita berusia 41 tahun ini mengatakan bahwa dia terus-menerus berada dalam ketakutan, ketidaknyamanan dan depresi, yang berdampak buruk pada siklus menstruasinya.

“Saya mengalami hari-hari tersulit dalam hidup saya selama perang ini,” kata Salma. “Saya mendapat menstruasi dua kali dalam bulan ini – yang sangat tidak teratur bagi saya – dan mengalami pendarahan hebat.”

Salma mengatakan tidak tersedia cukup pembalut di beberapa toko dan apotek yang masih buka. Sementara itu, berbagi rumah dengan puluhan kerabat di tengah kekurangan air telah membuat kebersihan rutin menjadi sebuah kemewahan – bahkan mustahil. Penggunaan kamar mandi harus dijatah, dan mandi dibatasi beberapa hari sekali.

Wanita di Gaza kekurangan air

Photo :
  • Aljazeera.com

Apotek dan toko sama-sama menghadapi berkurangnya persediaan karena pengepungan total yang diberlakukan oleh Israel menyusul serangan oleh sayap bersenjata kelompok Palestina Hamas pada tanggal 7 Oktober. Selain itu, pemboman Israel terhadap jalan-jalan utama di Jalur Gaza telah membuat pengangkutan produk-produk medis menjadi terhambat. gudang ke apotek adalah tugas yang mustahil, menurut Abu Hatab.

Tanpa sarana untuk mengatur menstruasinya seperti biasanya, Salma memutuskan untuk mencoba mencari pil agar tidak menstruasi.

Meskipun pembalut wanita banyak diminati dan sulit ditemukan, tablet penunda menstruasi umumnya lebih banyak tersedia di beberapa apotek karena jarang digunakan.

“Saya meminta putri saya pergi ke apotek dan membeli pil penunda menstruasi,” kata Salma. “Mungkin perang ini akan segera berakhir dan saya tidak perlu menggunakannya lebih dari sekali,” tambahnya, khawatir dengan kemungkinan efek samping pil tersebut pada tubuhnya.

Stres Akut

Lebih dari 1,4 juta orang menjadi pengungsi internal di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, hidup dalam kondisi yang sempit dan tidak higienis di sekolah-sekolah yang dikelola PBB dan di ruang yang penuh sesak dengan keluarga angkat atau kerabat, sehingga tidak ada ruang untuk privasi.

Dampak serangan Israel yang kini memasuki hari ke-25 benar-benar sangat menghancurkan. Lebih dari 8.500 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. Peringatan berulang-ulang yang diberikan oleh militer Israel kepada penduduk untuk meninggalkan Gaza utara dan Kota Gaza telah menyebabkan kota-kota di tengah dan selatan wilayah tersebut membengkak jumlahnya, namun serangan udara terus menghantam Jalur Gaza selatan .

Menurut Nevin Adnan, seorang psikolog dan pekerja sosial yang berbasis di Kota Gaza, perempuan biasanya mengalami gejala psikologis dan fisik pada hari-hari sebelum dan selama menstruasi, seperti perubahan suasana hati dan nyeri perut bagian bawah dan punggung.

Gejala-gejala ini dapat memburuk pada saat stres seperti perang yang sedang berlangsung, menurut Adnan. “Perpindahan menyebabkan stres yang ekstrim dan itu mempengaruhi tubuh wanita serta hormonnya,” jelasnya.

“Bisa juga terjadi peningkatan gejala fisik yang berhubungan dengan menstruasi, seperti sakit perut dan punggung, sembelit dan kembung,” ujarnya.

Wanita mungkin mengalami insomnia, rasa gugup terus-menerus, dan ketegangan ekstrem, tambah Adnan.

Saat ini, dia mengatakan lebih banyak perempuan yang bersedia meminum pil penunda menstruasi untuk menghindari rasa malu karena kurangnya kebersihan, privasi, dan produk kesehatan yang tersedia.

Meski begitu, meskipun dia memahami kesulitan yang ada saat ini, Adnan mengatakan bahwa dalam keadaan normal, berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum tablet ini penting untuk mengetahui apa efek pil ini dan penggunaannya yang berkelanjutan terhadap kesehatan fisik wanita.

“Hal ini dapat mempengaruhi perubahan hormonal alami seorang wanita, tanggal menstruasinya di bulan berikutnya, jumlah darah yang keluar, dan apakah menstruasinya berhenti,” katanya kepada Al Jazeera.

Wanita Palestina berjalan dengan anak-anak dan barang-barang mereka ketika mereka melarikan diri dari daerah pasca serangan udara Israel di Rafah di Jalur Gaza selatan.

Tidak Ada Privasi, Air Hingga Pembalut Wanita

Samira al-Saadi, yang mengungsi bersama keluarganya di sebuah sekolah yang dikelola PBB di sebelah barat Khan Younis, berharap dia bisa berbuat lebih banyak untuk putrinya yang berusia 15 tahun yang mendapat menstruasi pertamanya beberapa bulan lalu.

Putrinya kewalahan karena baru saja mulai menstruasi dan harus mengatur menstruasinya di tempat penampungan yang padat, kata wanita berusia 55 tahun itu. “Dia membutuhkan pembalut dan air untuk mencuci, tapi kebutuhan dasar ini tidak tersedia.”

Samira khawatir membelikan putrinya pil penunda menstruasi karena dia khawatir pil tersebut dapat memengaruhi kesehatan anaknya.

“Dia tidak mengerti mengapa dia harus melalui semua ini,” kata Samira. “Saya mencoba membantunya, tapi apa yang dia butuhkan tidak ada.”

Ruba Seif juga tinggal di tempat penampungan bersama keluarganya.

“Tidak ada privasi, kamar mandi tidak memiliki air mengalir, dan kami tidak bisa keluar dengan mudah untuk mencari apa yang kami butuhkan,” kata pria berusia 35 tahun ini.

“Saya tidak dapat menahan kram menstruasi selain rasa takut yang terus-menerus kami alami, kurang tidur, dan kedinginan karena tidak cukup selimut.”

Pikiran untuk mengatasi masa-masa di tempat penampungan selalu menjadi sumber stres bagi Ruba. Ruba yang sibuk mengasuh keempat anaknya, yang tertua berusia 10 tahun dan yang bungsu berusia dua tahun, akhirnya meminta kakaknya untuk mencarikan obat penunda haid. Setelah mencari di beberapa apotek akhirnya dia menemukannya.

“Wanita lain di sekitar saya di sekolah meminta pil ini kepada saya,” kata Ruba dilansir VIVA.co.id dari laman Aljazeera.com pada Rabu, 1 November 2023.

“Salah satu dari mereka mengatakan kepada saya bahwa dia telah melalui masa terburuk dalam hidupnya. Saya tahu efek samping negatifnya, tapi pil ini jauh lebih berbahaya daripada misil, kematian, dan kehancuran di sekitar kita.”

Kembali ke kamp pengungsi Deir el-Balah, Salma menyesali dampak psikologis dan fisik perang terhadap perempuan, karena banyak dari mereka tidak hanya dicekam oleh kekhawatiran seperti kesehatan menstruasi tetapi juga bagaimana cara merawat anak-anak yang mengasuh mereka. sebagai sumber utama perlindungan, kepastian, dan dukungan.

“Dalam perang, kami dipaksa melakukan apa pun yang kami bisa,” katanya, mengacu pada penderitaan yang dialami. “Tidak pernah ada pilihan.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya