Alami Kesulitan Finansial, Korea Utara Tutup Kedubesnya di Spanyol

Bendera Korea Utara.
Sumber :
  • Pixabay

Pyongyang – Korea Utara menutup kedutaan besarnya di Madrid, Spanyol di tengah krisis ekonomi yang menghantam negara tersebut akibat sanksi global, menurut laporan media Korea Selatan pada Rabu 1 November 2023.

Langkah terbaru ini dilakukan setelah Pyongyang sebelumnya juga menutup kedutaan besarnya di Angola dan Uganda pada bulan lalu, menurut laporan Yonhap yang berbasis di Seoul. Korea Utara tidak membeberkan alasan atas keputusannya tersebut.

Namun, Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengklaim bahwa penutupan kedutaan itu karena Korea Utara sedang mengalami kesulitan finansial.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

VIVA Militer: Kim Jong-un bersama perwira militer Korea Utara

Photo :
  • militarytimes.com


“Langkah-langkah yang diambil tampaknya menunjukkan bahwa Korea Utara tidak lagi dapat mempertahankan misi diplomatik, karena upaya mereka untuk mendapatkan mata uang asing telah terhenti karena sanksi yang semakin ketat,” menurut Yonhap mengutip seorang pejabat Kementerian Unifikasi yang tak disebutkan namanya.

Korea Utara menjalin hubungan diplomatik dengan Spanyol pada 2001 dan membuka kedutaan besarnya pada 2013.

Misi Korea Utara di Italia akan bertanggung jawab atas urusan yang berkaitan dengan Spanyol, menurut laporan itu. (Ant/Antara)

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan
PM Spanyol Pedro Sanchez

Istri Dituduh Korupsi, PM Spanyol Bakal Umumkan Putusan Pengunduran Dirinya Hari Ini

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez berencana mengumumkan pengunduran dirinya pada Senin, 29 April 2024, pukul 12.00 siang usai tuduhan korupsi yang dilakukan istrinya

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024