Semangka Jadi Simbol Dukungan untuk Palestina, Ini Alasannya

Semangka Jadi Simbol Dukungan untuk Palestina
Sumber :
  • Time

Palestina – Serangan Israel ke Palestina hingga kini masih menjadi pusat perhatian dunia. Sebab, dari serangan itu ribuan nyawa melayang, termasuk anak-anak yang menjadi target utama.

Pangeran MBS Bertemu Presiden Palestina, Ini yang Jadi Pembahasan

Berbagai warga negara dan pihak-pihak lainnya pun menunjukkan keprihatinan terhadap Palestina. Salah satu bentuk dukungan itu yakni menggunakan media sosial.

Belakangan ini ramai soal emoji semangka yang digunakan warganet sebagai bentuk dukungan untuk Palestina. Lantas, bagaimana emoji semangka bisa dijadikan bentuk dukungan untuk Palestina? Dikutip dari Bonappetit, simak sejarahnya berikut ini.

Ribuan Warga Israel Unjuk Rasa di Ibu Kota, Minta Netanyahu Bebaskan Sandera

Sejarah semangka jadi simbol dukungan untuk Palestina

Buah semangka.

Photo :
  • Pixabay
5 Unit Militer Israel Langgar HAM, AS Pertimbangkan Sanksi

Krisis kemanusiaan di Gaza telah meningkatkan perhatian terhadap simbol dan frasa protes warga Palestina, termasuk semangka, makanan pokok warga Gaza yang memainkan peran penting dalam sejarah Palestina.

Semangka telah tumbuh di Timur Tengah selama berabad-abad. Meskipun ada beberapa perbedaan pendapat mengenai asal muasal buah ini, penelitian tentang sejarahnya secara umum menunjukkan bahwa semangka berasal dari Afrika Utara, kemungkinan besar Sudan. 

Melalui tulisan Ibrani, para sejarawan telah melacak migrasinya ke Timur Tengah, sejak tahun 200 M, di mana ia digunakan sebagai persepuluhan bersama dengan buah ara, anggur, dan delima.

Resep yang menggunakan buah ini adalah hal yang umum di seluruh masakan dan budaya Levantine. Tak terkecuali Palestina. Variasi salad semangka sering disajikan sebagai meze di seluruh Mediterania (dalam resep Mesir, Yunani, dan Palestina). 

Dalam buku masaknya Levant, Rawia Bishara, koki Palestina-Amerika di belakang restoran Tanoreen di Brooklyn, memasukkan resep semangka dingin dan salad Halloumi.

Hidangan populer di Gaza Selatan yang disebut fatet ajer (atau qursa, karena roti yang disajikan dengannya) menyajikan semangka mentah, terong, paprika, dan tomat, yang dipanggang dan direbus, kemudian disajikan di atas roti pipih dengan minyak zaitun—makanan pokok lainnya di Palestina. 

Ini seperti campuran baba ganoush yang besar dan kental, sedikit rasa pedas, dan rasa semangka yang berair dan berair,” jelas koresponden NPR Daniel Estrin, yang mencicipi hidangan tersebut dalam perjalanan ke Gaza.

Pada tahun 1960an, semangka menjadi simbol protes warga Palestina

Demo Bela Palestina di Kedubes Amerika

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pada tahun 1967, selama Perang Enam Hari yang terjadi antara Israel dan negara-negara tetangga termasuk Mesir, Suriah, dan Yordania, pemerintah Israel melarang pengibaran bendera Palestina di dalam perbatasannya untuk membatasi nasionalisme Palestina dan Arab. 

Larangan tersebut berlangsung hingga tahun 1993, ketika Perjanjian Oslo melonggarkan pembatasan terhadap warga Palestina di Israel.

Di antara masa perang dan perjanjian, semangka menjadi simbol protes. Irisan semangka, dengan buahnya yang berwarna merah cerah, kulitnya yang berwarna hijau-putih, dan bintik-bintik bijinya yang berwarna hitam, mengandung semua warna bendera Palestina. 

Buah ini juga tersedia untuk digunakan dalam demonstrasi menentang pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza, di mana para pengunjuk rasa membawa irisan semangka sebagai pengganti bendera.

Saat ini, Israel tidak lagi melarang bendera Palestina berdasarkan hukum. Meski begitu, para pemimpin terkemuka Israel telah menyatakan penolakannya terhadap pengibaran bendera tersebut dalam suasana protes. 

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyebut kehadiran bendera pada aksi protes sebagai “hasutan.” Tahun ini, menteri keamanan nasional Israel Itamar Ben-Gvir memberi wewenang kepada polisi dan Pasukan Pertahanan Israel untuk menghapus gambar tersebut “jika mereka menganggap ada ancaman terhadap ketertiban umum,” menurut Al Jazeera.

Dan mengatakan bahwa menerbangkan pesawat Palestina bendera adalah tanda dukungan terhadap terorisme. Jadi meskipun bendera diperbolehkan secara hukum, orang-orang yang membahas Palestina sering kali memilih eufemisme dan simbolisme untuk menghindari sensor atau diberi label yang salah sebagai teroris, seperti yang dilakukan beberapa pengguna Meta di Instagram tahun ini.

Emoji semangka, yang ditambahkan ke papan ketik pada tahun 2015, adalah bagian dari warisan ini. Tak lama setelah peluncuran emoji tersebut, postingan tentang budaya, olahraga, dan politik Palestina mulai menampilkannya. 

Orang-orang mulai menggunakan simbol tersebut dan mulai menggunakannya lebih sering ketika terjadi kekerasan pada tahun 2021. Sejak saat itu, emoji tetap menjadi simbol populer di Palestina.

Pada platform seperti TikTok dan Instagram, penggunaan emoji buah sebagai pengganti bendera Palestina atau kata Israel atau Palestina juga dapat menggagalkan sensor algoritmik atau filter pemblokiran pengguna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya